10 Penyebab Mobil Bunyi Kletek Kletek Saat Digas

Ini 7 Cara Mengatasi Suara Mesin Mobil Mendengung
November 9, 2020
8 Penyebab Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak
November 13, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Mobil bunyi kletek kletek saat digas? Jika memang iya, maka Anda perlu waspada. Sebab, bunyi mesin kletek kletek yang mirip dengan ketukan logam ini menjadi pertanda adanya masalah serius pada komponen internal mesin.

Sebagai pemilik, tentu Anda wajib tahu apa penyebabnya serta langkah penanganannya. Berikut sepuluh penyebab mesin mobil bunyi yang perlu diwaspadai.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

​​​​​​​1. Bantalan crankshaft aus

Crankshaft atau poros engkol adalah mekanisme yang bertanggung jawab untuk mengubah gerakan naik turun piston menjadi gerakan memutar.

Pada crankshaft, terdapat dua buah bantalan, yakni bantalan poros engkol terhadap blok silinder (main bearing) dan bantalan batang piston terhadap poros engkol (concord bearing). Apabila salah satu bantalannya aus, maka poros engkol akan oblak.

Akibatnya, mesin mobil bunyi kletek kletek saat digas. Bunyi ini akan semakin jelas Anda dengar saat rpm atau perputaran mesin sedang tinggi. Namun, saat kondisi idle atau perputaran mesin rendah, Anda tidak akan mendengar bunyi nyaring secara signifikan.

2. Rantai kendor

Mesin mobil yang berbunyi kletek kletek atau kadang juga terdengar seperti ‘tok-tok’ mungkin karena rantainya sudah kendor. Rantai yang dimaksud adalah rantai kamprat atau kerap pula disebut rantai keteng.

Karena ada bagian yang kendor, maka mesin akan mengeluarkan suara sebagai pertanda Anda harus melakukan perbaikan. Namun, di samping kendor, rantai keteng yang terlalu kencang juga bisa menimbulkan bunyi ‘sek-sek’ atau dengungan.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. Engine knocking

Engine knocking atau yang lebih sering disebut dengan ngelitik adalah kondisi yang bisa menyebabkan mobil bunyi kletek kletek saat digas.

Masalah ini muncul karena ruang pembakaran tidak mendapatkan asupan bahan bakar yang baik. Tanda tidak cukupnya bahan bakar di dalam mesin adalah minimnya kandungan oktan sehingga pembakaran tidak akan terjadi.

Untuk memastikan penyebab bunyi adalah karena engine knocking, Anda bisa mengeceknya dengan tiga cara. Pertama, bunyi kletek muncul saat mobil dalam rpm rendah. Kedua, sumber bunyi berasal dari area blok silinder. Ketiga, bunyi kletek kletek tidak terlalu signifikan ketika mesin digas meski suaranya tetap terdengar.

4. Auto klep melemah

Fungsi auto klep pada mobil keluaran terbaru adalah untuk memudahkan pemilik agar tidak perlu melakukan penyetelan klep secara berkala. Meski begitu, bukan berarti komponen ini akan bekerja maksimal seterusnya.

Anda tetap perlu melakukan pengecekan, terutama jika kendaraan sudah lama digunakan. Pegas di dalam auto klep akan usang dan melemah seiring dengan waktu. Kalau pegas sudah melemah, maka kerapatan antar celah klep dan rocker arm akan merenggang sehingga menimbulkan bunyi kletek kletek.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

5. Damper pulley oleng

Damper pulley atau puli crankshaft adalah komponen di dalam mesin mobil yang letaknya saling berhubungan. Rangkaian mesin mobil sebenarnya dibuat sedemikian rupa untuk membuat kerja mesin bisa dilakukan sebaik-baiknya.

Namun, bukan berarti rangkaian ini bakal bebas dari masalah. Contohnya damper pulley dalam rangkaian yang bergeser atau oleng. Akibatnya, bisa membuat mesin mobil bunyi kletek kletek saat digas.

6. Flange flywheel lemah

Apakah AutoFamily termasuk pemilik mobil matic? Kalau benar begitu, maka penyebab bunyi tidak enak didengar dari mobil Anda bisa karena rusaknya komponen flange flywheel.

Bagian ini letaknya ada di dalam mobil dan menjadi bagian di mana torque converter dipasang. Rusaknya flange flywheel ditandai dengan pergeseran atau perpecahan pada plat yang dimiliki. Sehingga pecahan plat akan menyentuh bagian bodi mesin dan menimbulkan bunyi.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

7. Celah katup melebar

Mobil bunyi kletek kletek saat digas bisa pula karena celah katup sudah melebar. Bagi yang belum tahu, celah katup adalah jarak antara batang katup dengan rocker arm.

Fungsi celahnya untuk memberi batas toleransi terhadap batang katup saat memuai. Namun, semakin lama, celah ini akan semakin longgar karena terbiasa memberikan jarak untuk pemuaian batang katup.

Jadi, apabila usia mobil AutoFamily sudah termasuk cukup lama, maka pelebaran celah katup tidak akan terhindarkan. Untuk mengatasinya, tidak ada cara lain kecuali melakukan servis dan penggantian komponen dengan yang baru. Apabila Anda biarkan, maka celah akan semakin melebar, rocker arm shaft dan camshaft aus, hingga bunyi kletek makin nyaring saat rpm meninggi.

8. Adanya benda keras pada silinder

Mengingat bunyi kletek kletek pada mobil ini mirip dengan suara ketukan logam, maka bisa jadi sumber suaranya adalah benda keras yang tanpa sengaja masuk ke mesin.

Contohnya saat Anda melaju di jalanan yang baru diaspal, kerikil kerikil dari aspal akan mengenai bagian bawah bodi mobil dan menimbulkan suara. Hal yang sama pula bisa terjadi pada bagian dalam mesin mobil, tapi disebabkan adanya benda lain.

Fungsi

Biasanya, bagian silinder adalah area di mana benda-benda kecil dan keras bisa masuk dan menimbulkan bunyi. Namun, beda dengan kerikil yang berasal dari luar, benda keras yang berbenturan dengan silinder ini berasal dari bagian dalam mobil, seperti pecahan keramik dari kepala busi yang pecah dan jatuh ke dalam ruang silinder.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

9. Shim/lifter aus

Bukan cuma bantalan crankshaft yang bisa aus, bagian shim/lifter pun bisa mengalami kondisi sama. Biasanya, keausan ini disebabkan shim yang bersentuhan langsung dengan ujung klep.

Namun, tidak menutup kemungkinan kalau penyebabnya adalah shim/lifter tidak dikembalikan lagi ke posisi semula setelah pembongkaran. Solusinya, Anda bisa membongkar kembali dan menempatkan lifter ke posisi yang tepat. Tapi kalau penyebabnya adalah aus, maka Anda perlu ganti komponen baru.

10. Oli belum naik

Hal terakhir yang bisa menyebabkan mobil bunyi kletek kletek saat digas adalah oli mobil belum naik. Kalau bunyi kletek ini Anda dengar saat menghidupkan mesin di pagi hari, atau ketika pertama kali menyalakan mobil setelah mati seharian penuh, maka bisa dipastikan penyebabnya adalah karena oli belum naik.

Pada mesin mobil, oli mesin tertampung pada bak yang letaknya ada di bagian paling bawah. Di situ, ada pompa yang akan mengalirkan oli ke seluruh bagian mesin.

Pompa oli ini hanya aktif ketika mesin hidup. Saat kondisi mati, pompa akan berhenti bekerja dan sirkulasi oli pun berhenti. Oli pun akan turun ke bak bawah. Alhasil, bagian kepala silinder menjadi kering.

Anda pun harus menunggu beberapa saat untuk memberi waktu pada oli agar naik dan melumasi silinder. Jadi, wajar saja bila di awal starter, mesin akan bunyi kletek kletek.

Penyebab mobil bunyi kletek kletek saat digas memang beragam, mulai dari yang sepele seperti oli belum naik hingga masalah keausan komponen.

sumber: auto2000.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *