10 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas

10 Tips sederhana modifikasi interior mobil
June 28, 2019
8 Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil, Efektif & Gampang!
July 1, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Berburu mobil bekas itu seperti berburu harta karun. Banyak sekali penawaran dengan berbagai promo di berbagai showroom, serta dengan munculnya situs jual beli mobil bekas membuat Anda memiliki setiap kesempatan untuk menemukan mobil bekas yang bagus yang sesuai kebutuhan dan budget Anda. Namun, bagi anda yang masih pemula, mungkin memerlukan tips membeli mobil bekas yang berkualitas.

berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ambil sebagai gambaran besar dari tips membeli mobil bekas berkualitas dan tidak tertipu penjual yang nakal:

1. Tentukan Anggaran Anda

Tips membeli mobil bekas berkualitas yang pertama adalah tentang budget. Hanya ada dua cara bagi Anda untuk membeli mobil: Bayar uang tunai atau ambil pinjaman. Jika Anda membayar tunai, anda tinggal siapkan uang sejumlah harga mobil bekas incaran anda. Tetapi jangan menghabiskan semua tabungan Anda. Ingatlah untuk menyisihkan uang untuk bea balik nama (bila tidak masuk dalam kesepakatan), asuransi mobil dan kemungkinan perbaikan di masa depan.

Banyak orang mengambil membeli mobil secara kredit. Banyak showroom mobil bekas lebih suka bila anda membeli secara kredit. Keuntungan bagi anda apabila membeli secara kredit, tentu akan “menunda” pengeluaran yang langsung besar. Dengan cicilan tiap bulan akan sedikit meringankan beban pengeluaran anda.

Check beberapa alternatif leasing untuk mendapatkan pinjaman terbaik untuk Anda. dealnya, total cicilan bulanan Anda seharusnya tidak lebih dari 20% dari penghasilan bulanan Anda.

2. Pilih Mobil Yang Tepat

Tips membeli mobil bekas berkualitas yang kedua ini adalah tahapan yang paling menyenangkan, yaitu memilih mobil bekas Anda. Luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana Anda berencana menggunakan mobil ini. Misalnya, jika Anda memiliki keluarga, Anda akan membutuhkan cukup ruang untuk semua orang ditambah bagasi yang luas.

Jika keselamatan adalah prioritas utama, periksa fitur-fitur yang ada pada mobil tersebut. Apakah sudah mencukupi kebutuhan anda atau belum.

Persempit pilihan dengan membuat daftar fitur yang harus dimiliki. Kemudian, cari model dengan fitur-fitur tersebut melalui situs-situs online. Saat Anda sudah mulai siap, buat daftar tiga model mobil incaran untuk diperiksa lebih detail secara langsung.

3. Periksa Ketangguhan Mesin dan Biaya Perawatan

Setiap mobil bekas mempunyai kondisi yang berbeda-beda. Perbedaan ini karena perbedaan jarak tempuh masing-masing mobil sehingga tingkat keausan juga berbeda-beda. Karena itu, periksa benar-benar kondisi mesin mobil incaran. Bila anda tidak paham masalah mesin, anda bisa bawa teman/saudara yang mengerti hal ini.

Masalah yang terkait kondisi mesin ini adalah biaya perawatan. Beberapa mobil mungkin memang murah harganya, tetapi akan sangat mahal dalam jangka panjang karena asuransi, pemeliharaan, perbaikan dan penyusutan.

4. Cari Mobil Bekas yang Bagus

Ada banyak situs yang mencantumkan informasi tentang mobil bekas, dan setiap situs memiliki informasi yang saling melengkapi. Cari daftar mobil incaran anda secara online untuk menggali informasi dan menemukan mobil yang Anda inginkan. Ini salah satu tahap penting dalam tips membeli mobil bekas berkualitas.

Situs jual beli online sudah marak saat ini. Kebanyakan penjual mobil bekas, baik showroom maupun  penjual pribadi, memposting jualan mereka secara online. Namun, hal ini hanya sebagai pilihan saja. Anda tetap harus mencari secara offline juga untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

5. Cari Tahu Harga Mobilnya

Setelah Anda menemukan beberapa mobil bekas incaran anda, tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah periksa kisaran harga pada secara online. Anda juga bisa membandingkan dengan beberapa penjual lain yang memiliki mobil serupa.

Anda harus memperkirakan nilai pasar dari mobil yang Anda cari dengan menilai kondisinya berdasarkan faktor-faktor seperti usia, jarak tempuh, dan yang lainnya.

Ketika Anda mencari informasi kisaran harga, pertimbangkan hal berikut:

  • Tahun dan Type
  • Fitur yang ada
  • Jarak tempuh
  • Kondisi secara keseluruhan

Jika anda berencana tukar-tambah, pastikan harga mobil Anda pada saat ini sebelum menukarkannya di dealer.

6. Periksa riwayat kendaraan

Dalam tips membeli mobil bekas berkualitas kali ini, berikut adalah beberapa informasi penting yang harus anda cari:

  • Apakah mobil ini memiliki riwayat yang bersih? Artinya mobil tersebut tidak mengalami kecelakaan serius, atau malah mobil tersebut ternyata masih dalam angsuran pihak leasing.
  • Banyak penjual mobil nakal yang memutar odometer menjadi lebih kecil angkanya supaya terlihat jarak tempuhnya masih sedikit untuk meningkatkan harga jualnya. Hati-hati karena banyak kasus seperti ini.
  • Bila masih ada, mintalah buku service mobil tersebut dan periksa apakah service dilakukan secara rutin atau tidak.
  • Periksa STNK dan BPKB ke samsat untuk menghindari penipuan dokumen. Bisa saja dokumen tersebut palsu atau bisa juga asli tapi palsu. Supaya yakin, ya check saja ke samsat.

7. Hubungi penjual dulu

Tips membeli mobil bekas berkualitas yang lain adalah menghubungi penjual via telpon dulu. Obrolan singkat via telpon akan menjawab banyak pertanyaan dan menghemat waktu bila anda menemukan mobil incaran anda di iklan. Pertama, verifikasi informasi yang Anda baca di iklan. Kemudian, berikut beberapa pertanyaan mendasar untuk ditanyakan:

  • Apakah Anda pemilik pertama?
  • Apakah catatan riwayat (buku service) tersedia?
  • Apakah mobil anda masih ada hubungan dengan leasing?
  • Kenapa harganya masih tinggi (bila harganya masih mahal)/bagaimana kondisinya?
  • Apakah ada informasi penting yang tidak ada dalam iklan?
  • Bisakah saya minta mobil diperiksa oleh mekanik?

8. Minta Test Drive Mobil

Tips membeli mobil bekas berkualitas selanjutnya adalah Test Drive. Sebelum sampai tahap ini Anda belum benar-benar mengendarai mobil yang Anda pilih. Sekarang, Anda tidak hanya akan melihat apakah Anda menyukai model ini, Anda juga harus memutuskan apakah mobil ini layak dibeli.

Pilih rute yang memiliki jalur berikut: tanjakan, jalanan yang kasar, tikungan tajam dan jalan lurus yang agak panjang.

Saat melakukan test drive, perhatikan hal-hal berikut:

  • Visibilitas: Apakah ada blind spot/titik yang membuat pandangan terhalang?
  • Akselerasi dan menikung: Apakah mobil memiliki akselerasi yang cukup enak? Bagaimana “rasa” di kemudinya?
  • Rem: Apakah masih responsif?
  • Ergonomis: Dapatkah Anda dengan mudah menjangkau semua fitur dan kontrol? Ingat, postur orang bisa membuat perbedaan.
  • Kondisi mekanis: Dengarkan suara atau getaran yang tidak biasa yang dapat menunjukkan komponen bermasalah atau ban yang aus.
  • Setelah test drive, periksa ruang kaki belakang-kursi dan kapasitas bagasi. Coba fitur lainnya yang tanpa harus membawa mobil dijalan, misalnya fitur audio dll.

Tidak hanya melakukan test drive saja, anda juga perlu memeriksa mobilnya.

Jika Anda telah melakukan test drive, dan tampaknya memang masih dalam kondisi baik, Anda tetap harus membawanya ke bengkel. Beberapa dealer mungkin keberatan akan hal ini dan mengklaim bahwa mereka sudah memeriksanya. Silakan bersikeras jika Anda memiliki keraguan tentang kondisi mobil.

9. Negosiasikan Harga Terbaik

Tips membeli mobil bekas berkualitas kali ini adalah bagian yang ditunggu oleh semua pembeli: negosiasi. Tetapi itu tidak harus membuat stres, terutama jika Anda telah melakukan pemeriksaan dan memiliki “feeling” yang bagus tentang mobil yang Anda inginkan.

Bandingkan harga yang diminta penjual dengan harga pasar rata-rata yang Anda dapatkan dalam proses sebelumnya. Kemungkinannya, penjual meminta lebih dari rata-rata pasar bila kondisinya memang benar-benar cukup bagus.

Salah satu cara yang bisa anda pakai untuk negosiasi adalah seperti ini:

  • Katakanlah penjual meminta harga 100 juta dan dari hasil informasi yang anda cari memberikan gambaran bahwa mobil itu berharga hanya 85 juta. Nah, mulailah dengan menunjukkan kekhawatiran Anda tentang kondisi mobil. Misalnya, Anda dapat berkata, “Saya suka dengan kondisi mobil ini, tapi mobil ini benar-benar membutuhkan satu set ban baru. Dan selain itu, harga pasaran hanya 85 juta untuk mobil ini. Jadi saya akan membelinya seharga 85 juta .”

Setelah itu, terserah penjual untuk menerima penawaran Anda atau membuat tawaran balik. Jika tawaran baliknya masih tampak terlalu tinggi, Anda dapat tetap berpegang pada alasan tersebut atau meminta waktu lebih untuk mempertimbangkan. Pilihan lain, anda bisa menaikkan sedikit harga penawaran anda jika dirasa kondisi mobil memang masih benar-benar bagus.

10. Close the deal

Tips membeli mobil bekas berkualitas yang terakhir adalah menyelesaikan transaksi. Sebelum mobil bisa anda miliki, anda harus mengurus dokumen-dokumen pembelian yang biasanya dengan uang tunai atau cek di kasir. Pastikan Anda mendapatkan tanda bukti dan minta penjual menandatanganinya dengan benar.

Jika Anda membeli dari perorangan bukan dealer dan masih ada cicilan dengan mobil tersebut, ajaklah pemilik lama untuk menyelesaikannya terlebih dahulu. Ingat, peralihan cicilan (oper kontrak) pada banyak leasing sejatinya tidak diakui dan anda akan kalah di pengadilan bila terjadi masalah dengan mobil tersebut. Percayalah!

Bila anda membeli mobil bekas di delaer, mintalah pilihan beberapa leasing untuk membandingkan cicilan yang terbaik.

Tanyakan juga garansi dari dealer itu untuk mobil yang anda beli seperti apa? Atau mungkin ada pelayanan-pelayanan lain dari dealer yang perlu anda ketahui. Tanyakan saja.

anda membutuhkan mobil hanya untuk beberapa waktu? maka anda tidak perlu membeli mobil bekas, anda bisa menggunakan jasa rental mobil BalikpapanRajatransit, Rental mobil balikpapan. Kami menyediakan jasa rental mobil wilayah Balikpapan dengan driver profesional dan kami juga menyediakan paket tour wisata Kalimantan timur. call 082150344446

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *