4 Masalah pada Setir Mobil yang Perlu Anda Ketahui dan Penyebabnya

7 Tips Bersepeda Aman Saat Pandemi Virus Corona
October 21, 2020
Suara Audio Mobil Hilang? Ini 5 Penyebabnya
October 21, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Sistem kemudi atau setir merupakan hal yang esensial bagi sebuah mobil.

Kerusakan dan gangguan pada setir mobil tidak hanya sekedar mengganggu kenyamanan berkendara, namun juga berkonstribusi besar dalam meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.

Berikut ini adalah 4 masalah yang sering dihadapi oleh sistem setir mobil dan juga sumber-sumber penyebabnya, yang GridOto.com ambil dari buku Auto Repair & Maintenance karya Dave Stribling.

Cek harga rental mobil Balikpapan di sini

1. Setir mobil menarik ke salah satu sisi

Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari keselarasan (alignment) ban yang tidak sesuai, kerusakan atau bengkoknya komponen setir, sistem power steering mengalami sumbatan atau seal-nya rusak, hingga ban yang berbeda ukuran atau kempes.

Jika masalah ini terjadi lakukan pengecekan yang mudah terlebih dahulu, yaitu memeriksa tekanan ban dan kondisi keausan ban.

Namun, jika ban bukan masalahnya, maka sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap komponen setir dan keselarasan roda.

2. Sistem power steering mati

Sistem power steering yang mati jelas akan membuat setir terasa berat untuk diputar.

Hal ini biasanya terjadi akibat belt penggerak pompa power steering yang rusak, atau kebocoran pada sistem hidraulisnya.

Periksa kondisi belt terlebih dahulu, jika belt baik-baik saja maka kemudian periksa tanda-tanda kebocoran cairan power steering serta ketinggian cairan pada reservoir-nya.

Cek harga rental mobil Balikpapan di sini

3. Setir menjadi tidak responsif dan tidak akurat

Gejala yang sering terjadi adalah mobil memerlukan banyak putaran setir untuk berbelok, serta terkadang gerakan roda terputus-putus tidak mengikuti putaran setirnya.

Hal ini biasanya terjadi akibat keausan pada komponen setir, misalnya pada tie rod end atau gear-nya.

4. Power steering mengeluarkan bunyi-bunyi

Bunyi-bunyi ini dapat diakibatkan oleh banyak hal, misalnya adanya gelembung udara dalam sistem hidraulis, pompa power steering mulai bermasalah, belt penggerak pompa longgar atau rusak, hingga bearing pada pulley pompa yang rusak.

Periksa ketinggian cairan dan kondisi belt terlebih dahulu, jika semua baik-baik saja maka masalahnya ada pada bagian pompa.

Ketinggian cairan power steering yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan gelembung udara masuk ke dalam sistem hidraulis power steering.

sumber: gridoto.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *