5 Cara Menjaga Performa Mobil Mesin Diesel Agar Selalu Optimal

Bahaya! Perhatikan 4 Komponen Berikut Saat Mencuci Mobil
September 15, 2020
Sebentar Lagi Musim Hujan, Yuk Periksa 5 Bagian Mobil Ini Biar Aman
September 17, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Mobil mesin diesel mulai digemari masyarakat karena dinilai hemat bahan bakar dan lebih bertenaga untuk menangani medan terjal dan tanjakan. Bagi Sahabat Garasi pecinta mobil mesin diesel, pasti sudah tau kalau mesin diesel menawarkan kemampuan dan karakteristik yang berbeda dibanding mesin bensin. Torsi yang ditawarkan oleh mobil mesin diesel terbilang melimpah dan menyenangkan.

Merawat Mobil Mesin Diesel

Apapun mobilnya dibutuhkan perawatan agar mobil selalu dalam kondisi yang optimal dan siap untuk dikendarai. Berikut 5 cara untuk menjaga performa mobil mesin diesel agar selalu optimal dan siap dikendarai.

Panaskan Mesin Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang Sahabat Garasi harus lakukan sebelum beraktivitas menggunakan mobil mesin diesel adalah nyalakan mesin selama lima menit untuk memberikan kesempatan pada oli melumasi bagian mesin dan turbocharger. Pelumas mesin membantu sistem kerja komponen mobil mesin diesel tetap halus meski saling bergesekan. Dengan demikian, umur mesin pun dipastikan akan semakin lama.

Cek harga rental mobil Balikpapan di sini

Gunakan Oli yang Direkomendasikan

Langkah kedua ini perlu Sahabat Garasi ingat, karena setiap mesin memiliki karakternya masing-masing. Jadi sebaiknya gunakan pelumas yang direkomendasikan sesuai dengan pabrikan mobil untuk menjaga kebugaran mobil mesin diesel kesayangan.

Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Bahan bakar ibaratnya adalah nutrisi yang diterima oleh mobil mesin diesel. Gunakan bahan bakar yang direkomendasikan dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm (misalnya Pertamina Dex). Bahan bakar yang tepat akan menghasilkan gas buang rendah emisi.

Bersihkan Injector Secara Rutin

Mobil mesin diesel modern biasanya sudah dilengkapi teknologi Injector Common-Rail. Fitur ini akan menjaga mobil selalu hemat bahan bakar dan mampu meningkatkan kekuatan mesin. Perawatan dan pembersihan injector secara rutin akan membuat mobil mesin diesel lebih tahan lama tanpa perlu takut mengeluarkan biaya mahal. Pastikan hanya membersihkan injektor di bengkel resmi ya Sahabat Garasi.

Cek harga rental mobil Balikpapan di sini

Merawat Mobil Secara Berkala

Setiap mobil pasti membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga kondisi mesin tetap stabil, meskipun mobil berstatus masih baru. Kunjungi dealer dan workshop terdekat dan kenali layanan garansi dan service yang ditawarkan oleh bengkel resmi. Sahabat Garasi juga bisa berkonsultasi dengan tim mekanik ahli tentang kapan mobil harus menjalani perawatan khusus.

sumber: garasi.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *