5 Langkah Mudah Membersihkan Mesin Mobil agar Lebih Terawat

8 Tips Menginap Bersama Anak di Hotel
August 22, 2020
Kamu Wajib Tahu, Inilah Penyebab Utama Mobil Boros Bahan Bakar
August 25, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membuat awet mesin adalah dengan membersihkan ruang mesin. Nah bagi Anda yang ingin ruang mesin mobil kesayangan selalu klimis dan mencegah berbagai komponen mesin dari kerusakan seperti karatan, kerak, atau debu-debu yang bisa masuk ke dalam mesin.

Namun perlu diketahui, membersihkan ruang mesin mobil agar tetap kinclong dan bersih dibutuhkan kehati-hatian dan ketepatan, karena di dalam ruang mesin mobil ada beberapa komponen yang tidak boleh terkena air seperti kabel, aki, hingga berbagai sensor. Pasalnya, bila salah teknik efeknya malah merusak komponen kelistrikan atau terjadi korsleting bagian-bagian yang sensitif. Berikut ulasannya seperti ditulis Mobil88.

Hangatkan Mesin Mobil Anda

Pastikan mesin mobil dalam tidak panas dan apabila mesin masih dingin, kalau bisa di hangatkan saja dulu. Kondisi yang hangat akan memudahkan Anda dalam mengangkat dan membersihkan kerak yang menempel pada mesin mobil Anda.

Tutup Bagian Pengapian Mesin

Setelah mesin dalam keadaan hangat, tutup bagian-bagian pengapian pada mesin seperti distributor/delco, altenator, dinamo stater, kabel-kabel busi serta sistem elektronik mesin.

Bagian-bagian pengapian tersebut dapat ditutup dengan menggunakan lembaran kantong plastik, yang kemudian diikat dengan karet gelang atau isolasi untuk menghindari air yang dapat masuk. Anda harus memastikan air tidak masuk pada bagian-bagian ini untuk menghindari hubungan arus pendek pada komponen yang mengandung listrik.

Cek Tutup Oli dan Tongkat Pengecek Oli

Setelah itu jangan lupa untuk mengecek tutup oli mesin dan tongkat pengecek oli (dipstick), apakah sudah terpasang dengan baik? Hal ini penting agar air tidak masuk dan bercampur dengan oli mesin mobil kita.

Bersihkan Bagian yang Paling Mudah Terlebih Dahulu

Bagian yang paling mudah untuk dibersihkan terlebih dahulu adalah bagian bawah kap mesin dengan disemprot menggunakan air dan setelah itu bagian dinding mesin.

Untuk mencuci bagian bawah kap mesin gunakan saja sabun colek/krim karena sabun colek dapat melarutkan kotoran yang bercampur lemak dan juga oli. Gosok menggunakan sikat yang berbulu agak kasar, jika telah selesai segera bilas dengan air bersih, jangan sampai air sabun kering dengan sendirinya karena akan berbekas. Keringkan dengan menggunakan kain sehingga tidak ada lagi air yang menetes ke mesin.

Mencuci dan Membersihkan Ruang Mesin

Pencucian selanjutnya adalah mencuci ruang mesin, kita dapat menyemprot air terlebih dahulu dan yang perlu diperhatikan air yang disemprotkan sebaiknya tidak menggunakan tekanan tinggi (biasa digunakan untuk cuci steam), kita cukup menyemprot dengan menggunakan slang air biasa ataupun menggunakan botol spray yang sudah tidak terpakai. Dimulai dari blok mesin bagian belakang kemudian dilanjutkan ke bagian depan mesin mobil.

Untuk membantu proses penyabunan bisa menggunakan spons, sedangkan untuk mengangkat kotoran dapat menggunakan kuas ataupun sikat gigi untuk menjangkau bagian yang sulit dan penuh kotoran. Dalam membersihkan mesin mobil, Anda dapat menggunakan pembersih khusus untuk mesin, yaitu engine clean yang dapat Anda gunakan untuk mengangkat kotoran-kotoran dan kerak pada mesin dan engine dressing yang khusus digunakan untuk mengembalikan warna komponen mesin.

Jangan lupa setelah Anda melakukan proses pembersihan, keringkan mesin Anda dengan kain lap atau perca, atau Anda dapat menghidupkan mesin mobil Anda untuk mengeringkannya.

Mesin mobil yang bersih tentu akan meningkatkan performa kendaraan Anda dan akan mendukung Anda dalam kenyamanan dan keamanan berkendara. Selamat mencoba!

sumber: medcom.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *