5 Tips Perawatan mobil Matic Setelah Liburan

Dua Trik Mudah Buat Hitung Jarak Aman Saat Berkendara, Yuk Dicoba Biar Enggak Nabrak!
November 9, 2020
Ini 7 Cara Mengatasi Suara Mesin Mobil Mendengung
November 9, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Liburan panjang telah usai. Bagi Anda yang mengandalkan mobil Toyota kesayangan untuk ke luar kota saat liburan kemarin tentu sangat menyenangkan. Apalagi jika bertransmisi matic. Namun ingat, setelah diandalkan pergi ke luar kota, kini saatnya melakukan perawatan mobil matic Anda.

Langkah untuk melakukan perawatan pasca perjalanan luar kota pun terbilang mudah. Jika tidak ada keluhan dari mobil, bahkan Anda juga bisa melakukan pengecekan di rumah saja.
Untuk itu, berikut adalah panduan perawatan mobil matic yang praktis dan mudah bagi yang telah melakukan perjalanan luar kota saat libur panjang. Simak sampai habis, ya!

cek harga rental mobil balikpapan di sini

1. Periksa oli transmisi

Pemerikasaan oli transmisi sebaiknya dilakukan secara berkala. Namun bisa Anda lakukan lebih cepat setelah melakukan perjalanan jauh seperti ke luar kota.

Jika mobil sudah berada di tempat parkir aman, cabut dipstick oli transmisi dari posisinya dan bersihkan bagian batang yang tercelup oli dengan lap bersih.

Baca level oli yang tertera pada dipstick. Umumnya pada dipstick terdapat keterangan Cool dan Hot. Kondisi normal ada di antara Minimal dan Maksimal pada posisi Hot.

2. Gunakan oli transmisi yang tepat

Tiap mobil Toyota dirancang memiliki berbagai keunggulan di tiap transmisi matic. Untuk itu jangan sampai salah menggunakan oli transmisi matic.

Dalam perawatan mobil matic, penggantian oli transmisi memang sangat krusial. Jangan sampai Anda salah isi oli transmisi CVT ke mobil yang jenisnya torque conventer.

Jika masih bingung, bisa tanyakan ke teknisi di bengkel resmi Auto2000 untuk pemilihan oli transmisi yang tepat. Gunakan selalu oli rekomendasi dari bengkel resmi Auto2000 untuk menjaga performa gearbox transmisi.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. Cek kondisi radiator

Radiator yang tugas utamanya mendinginkan blok mesin juga punya peran berantai terhadap gearbox matic. Dalam perawatan mobil matic, radiator tak boleh dilupakan.

Pastikan air radiator dalam keadaan baik dan volumenya tidak dalam batas bawah normal. Bila perlu lakukan pengurasan air radiator setelah mobil dipakai jalan atau mudik ke luar kota.

Dengan menjaga kemampuan radiator mendinginkan mesin, suhu tinggi pada gearbox minimal tidak memperparah keadaan panas di sistem dapur pacu secara keseluruhan.

​​​​​​​4. Cek dan bersihkan gearbox

Demi memastikan sistem transmisi matic berada dalam kondisi baik-baik saja, maka kita perlu melihat langsung. Namun untuk gearbox transmisi matic sendiri posisinya cukup sembunyi.

Anda perlu ke kolong mobil untuk melihatnya. Jika sudah di kolong, Anda bisa pastikan tak ada bekas oli merembes di gearbox. Selanjutnya, dalam perawatan mobil matic ini Anda bisa lakukan pembersihan pada bagian gearbox tersebut. Bisa gunakan sabun colek dan air.

Jika sudah bersih dan kering, tinggalkan beberapa saat dan kembali lihat lagi ke kolong. Jika timbul rembesan oli, artinya ada potensi masalah di bagian transmisi matic mobil tersebut.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

5. Jaga kebiasaan perpindahan gigi

Dalam perawatan mobil matic, Anda juga perlu mengetahui kebiasaan yang sebaiknya tidak dilakukan. Hal ini supaya transmisi matic mobil Toyota kesayangan lebih awet.

Kebiasaan yang hendaknya Anda hindari adalah memposisikan tuas transmisi pada posisi P saat mobil tidak benar-benar dalam keadaan berhenti. Selanjutnya, hindari memposisikan tuas pada posisi D ketika berniat parkir. Jangan pernah juga posisikan N saat jalan menurun.

Itulah 5 tips dalam perawatan mobil matic yang sebaiknya Anda ketahui. Terlebih pada mobil yang telah dipakai untuk perjalanan panjang ke luar kota, perawatan tersebut sangat perlu dilakukan.

Jika Anda lebih memilih cara yang praktis dan mudah, langsung saja buka aplikasi Digiroom dan lakukan booking service ke bengkel Auto2000 terdekat.

sumber: auto2000.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *