Begini Cara Memasang Talang Air Mobil Sendiri di Rumah
November 4, 2020
10 Tempat Wisata Seru di Banjarbaru, Murah Meriah dan Instagramable
November 4, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Servis mobil sebaiknya dilakukan secara berkala seperti tercantum dalam buku manual. Kalau tidak ada risiko yang menghantui mobil jarang diservis rutin.

Merawat mobil tak hanya mengisi bensin hingga penuh dan juga mengganti oli. Perawatan mobil atau servis secara rutin lebih dari itu semua. Selain itu, merawat mobil secara rutin juga memberikan keuntungan tersendiri bagi para pemiliknya.

Jadwal servis mobil rutin bisa Anda cek di buku manual. Ini merupakan cara paling mudah agar Anda tak terlewat melakukan servis rutin pada periode tertentu.

Di sisi lain, bila jarang servis mobil secara rutin ada risikonya tersendiri bagi kendaraan Anda dan tentunya Anda sendiri. Selain potensi kerusakan mobil lebih cepat, ongkos yang akan Anda keluarkan juga lebih besar. Berikut sederet risiko yang bisa dialami ketika mobil jarang diservis rutin dikutip Cintamobil.com dari laman Broccas, Selasa (3/11/2020).

cek harga rental mobil balikpapan di sini

1. Harus Berkompromi dengan Keamanan

Melakukan servis rutin dapat berkontribusi terhadap keselamatan Anda saat berkendara. Risiko terbesar mobil jarang diservis rutin adalah kerusakan mekanik.

Pengereman, setir, dan suspensi adalah beberapa komponen penting yang harus dicek segara rutin. Bila ditemukan ada kerusakan maka harus segera diperbaiki. Kemudian komponen lain yang tak kalah pentingnya adalah filter, dan juga tekanan pada ban mobil Anda.

Badan Keselamatan Lalu Lintas AS bahkan sempat menyebut bahwa di luar pengendara, kondisi sekitar, dan hal di luar dugaan kecelakaan mobil bisa timbul akibat komponen-komponen seperti ban, setir, suspensi, hingga transmisi. Namun ini jarang menjadi perhantian pengendara.

Tanpa melalukan servis mobil secara rutin, Anda akan sulit mengetahui ada komponen rusak yang bisa berpotensi menimbulkan kerusakan mekanik. Bila Anda rutin melakukan servis, maka kerusakan pada komponen bisa lebih cepat ditangani.

2. Performa Mobil Tak Maksimal

Performa mobil tak maksimal juga bagian dari mobil jarang diservis rutin. Contoh sederhananya, Anda jarang mengganti oli dan ini akan berakibat adanya residu menumpuk di mesin. Aliran oli pun tak bisa berjalan lancar ke seluruh sistem.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. Bensin Lebih Boros

Siapa sih yang tak ingin mobilnya bisa hemat bensin? Tak bisa dipungkiri mobil yang hemat bensin menjadi salah satu pertimbangan sebelum orang membeli mobil.

Perawatan mobil secara rutin memiliki peran besar dalam hal ini di samping faktor lain seperti kebiasaan pengendara dan juga cuaca.

Sistem dalam mobil yang tak dirawat secara rutin seolah bekerja di bawah tekanan dan membuatnya harus berusaha ekstra keras. Usaha berlebih ini tentunya membutuhkan tenaga yang besar.

Ban yang tekanannya tak sesuai, filter kotor, dan mesin yang tak pernah di tune up menambah tekanan pada sistem sehingga harus mengkonsumsi banyak energi.

Servis pada beberapa komponen di atas setidaknya dapat membantu mobil bekerja ekstra keras karena kondisinya semua baik.

4. Umur Mobil Lebih Pendek

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, mobil jarang diservis akan membuatnya bekerja lebih keras. Waktu berlebih bagi mobil bekerja keras ini akan membuat beberapa komponen mulai aus. Walhasil tekanan pada sistem akan bertambah, dan komponen aus lebih cepat. Akibatnya umur mobil juga bakal lebih pendek dari seharusnya.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

5. Bisa Mempertahankan Harga Jualnya

Mobil yang kondisinya kurang baik tentu bakal dihargai murah saat akan dijual kembali. Tak ada pembeli yang mau mendapatkan mobil dalam kondisi buruk dan berumur pendek.

Seandainya mereka mau pastinya akan menawar dengan harga murah, bahkan di bawah standar pasaran.

6. Mencegah Biaya Perbaikan yang Tinggi

Kalau dirawat secara rutin, permasalahan pada komponen mobil bisa lebih cepat teratasi. Biayanya pun cenderung lebih murah ketimbang kerusakan yang ditumpuk akibat tak melakukan servis rutin.

Mobil yang boros bensin karena jarang diservis juga bisa membuat pengeluaran Anda membengkak.

sumber: cintamobil.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *