6 Tips Traveling Bujet Anak Kosan, Tertarik Mencoba?

Terbang ke Kaltim, Jokowi Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda
December 18, 2019
Cari Barang Berkualitas Tinggi di 10 Pasar Seni Terbaik di Indonesia
December 18, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Setelah jenuh beraktivitas, kamu pun merasa lelah dan butuh liburan. Meski begitu untuk liburan pun kamu mikir seribu kali karena biaya yang mahal.

Padahal kamu tidak perlu khawatir. Sebab kamu pun tetap bisa liburan murah meriah dengan bujet ala anak kosan. Berikut ini tipsnya.

1. Pilih moda transportasi umum kelas ekonomi

Yup, kelas ekonomi memang membantu masyarakat untuk dapat pergi ke destinasi dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu bisa menggunakan kereta contohnya. Walaupun kelas ekonomi, namun dijamin kamu tidak akan kepanasan karena kereta sudah full AC dan bebas asap rokok.

Yang terpenting adalah kamu harus pastikan memesan tiket kereta H-7 atau seminggu sebelum keberangkatan. Karena biasanya tiket kereta ini cepat banget habisnya, apalagi kalau musim liburan tiba. Ingat ya harus gercep!

2. Pilih tempat penginapan dengan jenis sharing room

Jangan ragu untuk memilih tempat menginap dengan jenis sharing room, karena kamu bisa lebih memangkas bujetmu dalam liburan. Tanamkanlah dalam dirimu “toh, cuma buat tidur aja.”

Ya, liburan kan intinya kamu gak mungkin dong tiduran terus di hotel. Maka, untuk apa menyewa kamar yang nyaman dan mahal padahal kamu hanya menggunakannya saat malam. Selebihnya waktumu akan tersita untuk menjelajah tempat yang kamu singgahi.

Jangan pula takut dan khawatir mengenai barang bawaanmu karena kamu bisa menyimpannya di loker, atau kalau kamu seorang backpacker, maka bawalah saat kamu bepergian. Intinya berhematlah dengan tidak menyewa hotel yang mahal karena bukan itu fokus liburanmu.

3. Gunakan transportasi umum selama di tempat tujuan atau kalau bisa jalan kaki saja

Kalau memang jarak penginapan dan tujuanmu masih mampu kamu toleransi dengan berjalan kaki, ayo jangan malas ya! Karena kamu bisa lebih hemat dalam ongkos, uangnya kemudian bisa kamu alihkan untuk hal lain, misal kulineran.

Jangan pula selalu menggunakan transportasi online karena biasanya kode promo yang bisa kamu gunakan di kota asalmu, tidak berlaku di kota tempatmu liburan sehingga kadang harganya mahal.

Atau jika memang harus menggunakan kendaraan, pilihlah transportasi umum seperti bus kota atau angkot yang jauh lebih murah. Selain itu, kamu juga bisa lebih merasakan kehidupan di kota liburanmu lebih lagi ketika kamu naik moda transportasi umumnya.

4. Boleh aja kulineran, tapi inget pilih yang sesuai bujet

Jika kamu adalah pecinta kuliner dan kuliner khas dari kota tersebut wajib kamu coba, kamu juga harus lebih jeli dalam memilih tempat makannya. Jangan beli makanannya di mall, karena pasti harganya lebih mahal dan juga cita rasanya kurang jika dibandingkan dengan penjual biasa.

Seharusnya harga makanan khas pun tidak akan terlalu mahal dan ya jika memang sedikit mahal karena sudah terkenal, maka kamu bisa mencobanya sesekali. Intinya lihat tempat dan harga sebelum membeli ya guys daripada kamu makannya gak enak karena harganya menguras dompet.

5. Pilih tempat wisata yang tidak perlu tiket masuk atau terjangkau walau di hari libur

Ingin tetap story instagran kamu menamoilkan wisata lokal di lokasi liburanmu, kamu harus pandai memilih lokasi wisata yang pas dengan kantong kamu. Bahkan, kalau bisa tidak memerlukan tiket masuk.

Jika memang memerlukan dan harganya agak mahal, seperti misalnya Grand Palace di Bangkok Thailand, maka kamu cukup berfoto di depan gerbangnya saja yang masih bisa menunjukkan isi dalamnya. Buat apa menguras banyak biaya hanya untuk foto – foto? Ingat, masih ada kos yang harus kamu bayar, hehe.

6. Gak usah beli souvenir atau oleh – oleh kebanyakan

Penyakit orang saat liburan adalah kebablasan dalam membeli suvenir. Padahal, dia hanya ingin memuaskan hasrat belanjanya saja. Jika memang kamu ingin membelikan oleh – oleh, cukuplah hanya untuk keluarga inti dan teman dekat saja. Tidak perlu tetanggamu kamu beri oleh – oleh.

Atau jika kamu memang hobi belanja, buatlah jasa titip atau jastip online agar selain bisa memuaskan hasrat belanjamu, kamu juga dapat uang dari liburanmu ini.

Nah guys, itu dia tips liburan dengan bujet ala anak kos. Ingat, bukan seberapa mewahnya liburan kamu, namun yang terpenting adalah seberapa kamu dapat menikmatinya walau dengan dana yang terbatas sekalipun. Happy holiday!

 

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *