Penting, Tips Macet di Tanjakan
August 29, 2020
Begini Langkah-langkah Merawat Kabin Mobil Sendiri
September 1, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Bukan cuma bodi atau mesin yang perlu perawatan. Peranti yang sifatnya fast moving, seperti aki, juga perlu perawatan agar dapat berfungsi optimal. Aki yang terawat juga membua usia pakainya menjadi lebih panjang.

Masalahnya, orang sering tidak telaten merawat aki. Berikut beberapa fakta yang harus diperhatikan:

1: Ada usia pakainya

Setiap aki mobil punya usia pakai. Pada umumnya antara 2-3 tahunan, namun ada juga yang lebih dari itu, tergantung kualitas aki dan perawatannya. Ketika aki sudah mulai soak, maka sebaiknya diganti baru. Sia-sia saja jika diisi ulang karena kemampuan aki untuk menyimpan daya listrik sudah berkurang.

2: Harus rutin dipakai

Agar awet, daya aki harus rutin dicek dengan battery load tester di bengkel atau toko aki. Namun yang terpenting, pada aki basah, adalah menjaga agar cairan elektrolit tidak kurang dari batas minimum. Mesin mobil juga harus rutin dinyalakan setidaknya seminggu sekali, agar daya aki terisi kembali dan aki tidak tekor.

3: Perhatikan kebersihannya

Terminal atau klep penghubung positif dan negatif juga harus diperhatikan agar tidak ada “jamur” (bubuk putih), karat atau posisinya longgar. Waspada, longgarnya terminal di kutub aki bisa menyebabkan percikan api dan mengakibatkan kebakaran. Jika ada muncul “jamur” atau karat, cukup siram dengan air panas dan gosok dengan sikat.

4: Perhatikan selalu indikator

Saat mesin nyala, otomatis aki akan terisi. Sistem pengisian aki harus diperhatikan setiap waktu. Cara paling mudah dengan melihat indikator baterai pada dashboard. Jika mesin menyala namun indikator juga menyala, maka pengisiannya kurang baik. Cara lain, lepas terminal kutub negatif saat kondisi mesin hidup. Kalau mesin ternyata mati, berarti ada masalah pada sistem pengisian.

sumber: otospector.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *