Begini Cara Memasang Talang Air Mobil Sendiri di Rumah

4 Fakta Soal Mobil Matik: Roda Tidak Mundur saat Mesin Mati di Tanjakan
October 31, 2020
6 Risiko Kalau Mobil Jarang Diservis Rutin
November 4, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Tak semua mobil memiliki talang air. Bagi Anda yang ingin menambahkan fitur ini, simak panduan lengkap memasang talang air mobil tanpa harus ke bengkel.

Fitur talang air pada mobil bukan hanya untuk mempercantik eksterior atau sebagai aksesoris saja. Fitur yang sering terlupakan ini sangat diperlukan ketika sudah memasuki musim hujan. Sayangnya, tak semua mobil dilengkapi dengan talang air. Bagi Anda yang ingin memasang talang air mobil, simak tahapan pemasangannya sebagaimana dijelaskan oleh Auto2000 berikut ini.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Persiapkan alat dan bahan

Talang air menjadi salah satu fitur yang cukup esensial bagi pemilik kendaraan ketika memasuki musim hujan. Namun tak semua mobil dilengkapi dengan fitur ini. Talang air pada mobil berguna untuk menghalangi air hujan agar tidak membasahi bagian kaca mobil dan mencegah air hujan masuk ke dalam kabin jika jendela dibuka.

Anda bisa membeli talang air mobil dengan harga yang cukup terjangkau, Bisa dibeli di toko daring maupun toko aksesoris mobil, talang air saat ini berada dalam kisaran Rp 80 ribu hingga Rp 250 ribu tergantung komponen dan jenis mobilnya.

Sedangkan untuk pemasangan talang air mobil, ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan, diantaranya,

Gunting,
Kanebo
Larutan sabun, dan
Double tape. Untuk hasil yang lebih baik, pilih double tape dengan daya rekat yang kuat.

Cara memasang talang air mobil

Setelah mempersiapkan talang air dan alat-alat yang dibutuhkan, Anda bisa mulai proses pemasangan. Langkah-langkah yang perlu diperhatikan yaitu,

1. Pilih jenis talang air

Biasanya satu set talang air mobil terbagi empat untuk masing-masing pintu. Lakukan pengukuran pemasangan. Gunakan jenis talang air plug n play atau PNP dengan ukuran dan lekukan yang sudah diperhitungkan. Jika Anda tidak menemukan jenis PNP, Anda perlu memotong talang air agar sesuai dengan mobil Anda.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

2. Bersihkan pintu dan talang air

Untuk meningkatkan daya rekat, bersihkan permukaan pintu dan talang air sehingga tidak ada debu maupun kotoran lainnya. Gunakan air sabut sehingga permukaan bodi mobil menjadi lebih keset untuk memudahkan double tape merekat. Keringkan dengan kain lap.

3. Pasang double tape

Setelah memastikan permukaan bodi pada bagian atas jendela kering, gunakan double tape ke permukaan talang air yang akan ditempelkan pada mobil. Ingat, agar pengerjaan lebih rapi, hindari menempelkan double tape langsung ke bodi mobil.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

4. Pasang talang air

Setelah memasang double tape pada talang air, Anda bisa langsung merekatkan talang air pada bagian atas jendela mobil. Memang tak butuh akurasi tinggi, tapi pastikan pemasangan talang air dilakukan dengan hati-hati dan presisi. Sehingga mampu mencegah air masuk ke dalam mobil ketika Anda sedang berkendara pada saat hujan.

sumber: cintamobil.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *