Begini Langkah-langkah Merawat Kabin Mobil Sendiri

Aki Juga Perlu Dirawat, Ini Beberapa Tipsnya
September 1, 2020
Knalpot Kemasukan Air Saat Banjir? Begini Solusinya!
September 3, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Sering kali terjadi, pemilik kendaraan begitu apik merawat bodi mobil kesayangannya, namun abai merawat bagian interior. Padahal, kondisi interior yang terawat dan bersih dapat membuat kenyamanan saat mengemudi. Mereka yang ikut di dalam mobil juga menjadi senang dan menghargai upaya pemilik mobil dalam merawat.

Ada sebagian orang yang menganggap, perawatan interior mobil adalah pekerjaan merepotkan. Padahal, semua itu bisa dikerjakan di rumah. Terutama pada perawatan yang sifatnya ringan. Berat-ringannya perawatan ini tergantung dari kedisiplinan kita dalam merawat interior mobil sehari-hari.

1: Sediakan selalu pengharum mobil

Aroma kabin yang wangi tentu akan menyenangkan semua orang. Karena itu sediakanlah pengharum kabin untuk ditempatkan di berbagai sudut kabin. Pilih aroma wewangian yang cukup bisa diterima semua orang, agar tidak menimbulkan rasa pusing atau eneg bagi yang tidak cocok. Namun hati-hati, jangan sampai pengharum yang berbentuk cair tumpah di dalam mobil. Karena akan menimbulkan bekas yang sulit hilang.

2: Bersihkan jok

Harus diakui, perawatan tempat duduk atau jok memang tidak sederhana. Namun itu bukan berarti kita tidak bisa melakukannya sendiri. Paling mudah adalah membersihkan jok dengan lap kering, sikat gigi, penyedot debu khusus serta cairan pembersih jok mobil. Bersihkan jok secara berkala, agar bersih dan terawat selalu.

3: Membersihkan dashboard

Dashboard adalah bagian yang paling terlihat dari luar. Karena itu untuk membuatnya tetap bersih, gunakan bulu ayam atau kuas yang bisa memberishkan debu. Kita harus mengerjakannya secara telaten bagian per bagian, termasuk lubang tempat keluarnya AC. Setelah selesai dibersihkan, maka oleskan sedikit biopolish leather care agar permukaan dashboard selalu aman dari terpaan sinar matahari. Tidak mudah kering atau mengelupas.

4: Bersihkan langit-langit

Bagian langit-langit dari kabin cenderung menyimpan debu. Terutama bila dalam pemakaian sehari-hari, jendela kendaraan sering dibuka. Untuk langit-langit sebaiknya gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air sabun cuci khusus. Tapi ingat, lap jangan terlalu basah, agar langit-langit tidak menjadi lembab dan juga menimbulkan bau tidak sedap. Baru kemudian menyelesaikan pekerjaan dengan lap kering untuk meresap sisa-sisa air dan kotoran.

5: Gunakan karpet

Sebagai alas dari kabin mobil, gunakan karpet, terutama yang berkualitas baik. Biasanya karpet terbuat dari karet sintetis. Kotoran seperti pasir, tanah, sampai noda yang menempel, dengan mudah dapat dibersihkan dengan cara mencucinya menggunakan sabun cuci mobil lalu dijemur.

Mobil yang tampak bersih dan rapih, tentunya membuat pemilik kendaraan merasa bangga. Apalagi jika banyak orang yang memberikan pujian dan kagum pada kondisi tersebut.

Lebih jauh lagi, kondisi mobil yang menyenangkan tentu akan membuat kita semakin merasa perlu untuk semakin sayang dan merawat mobil itu lebih telaten lagi.

sumber: otospector.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *