Cara dan Tips Lulus Ujian SIM Mobil

Begini Cara Menghitung Jarak Aman yang Benar Saat Berkendara
August 10, 2020
4 Tips Berkendara Aman untuk Wanita
August 14, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Apabila Sahabat termasuk orang yang sering bepergian menggunakan mobil sendiri, maka memiliki kelengkapan administrasi berupa SIM A adalah hal yang mutlak diperlukan. Surat Izin Mengemudi atau SIM menunjukkan kelayakan seseorang secara formal untuk mengendarai suatu kendaraan. Bagi Sahabat yang sedang mempersiapkan pengajuan pembuatan SIM mobil, Sahabat harus mengetahui tips lulus tes SIM mobil terlebih dahulu.

Kenyataannya, mengajukan Smart SIM baik itu SIM A, SIM B ataupun SIM C membutuhkan persiapan matang baik itu secara teoritis dan juga praktik. Sahabat yang belum memahami teori terkait lalu lintas harus mempelajari teori tersebut secara menyeluruh. Ditambah lagi Sahabat juga harus mempelajari praktik mengemudi mobil yang tepat.

Tips Ujian Teori SIM A

Dalam ujian teori SIM A terdiri dari setidaknya 30 soal yang harus dijawab secara real time menggunakan komputer. Minimal jumlah soal yang dijawab benar agar dapat lulus adalah sebanyak 21 soal. Jika jawaban yang benar kurang dari 21 soal maka Sahabat diharuskan mengulang sekitar 14 hari kedepan. Berikut adalah tips lulus tes SIM mobil teori:

1. Berlatih Simulasi Ujian

Sahabat harus membiasakan diri berlatih dengan soal-soal ujian terkait lalu lintas melalui website resmi Korlantas resmi. Di dalam website ini terdapat setidaknya 174 contoh soal ujian Smart SIM yang bisa Sahabat coba jawab. Soal-soal yang keluar di website Korlantas akan dapat membantu Anda untuk mengetahui model pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan.

Pada umumnya, soal yang akan keluar adalah soal terkait tata tertib berkendara termasuk tanda rambu-rambu lalu lintas. Sahabat mungkin akan ditanya cara mengemudi seperti apakah yang benar jika melewati tanda rambu tertentu. Oleh karena itu biasakan untuk mengenali tanda rambu-rambu lalu lintas.

2. Pahami Prioritas Kendaraan pada Persimpangan Jalan

Banyak orang yang ternyata tidak memahami terkait prioritas kendaraan ketika berada di persimpangan jalan. Soal terkait prioritas kendaraan ini sering muncul pada ujian teori. Ada tiga catatan terkait prioritas kendaraan yaitu:

Prioritas pertama yakni kendaraan yang berjalan lurus
Prioritas kedua adalah kendaraan yang akan berbelok ke arah kiri dan berada di jalurnya
Prioritas ketiga adalah kendaraan yang harus memotong jalur karena akan belok ke kanan

Tips Ujian Praktek SIM A

Apabila Kamu telah lulus ujian teori untuk mendapatkan Smart SIM, maka tahap terakhir dan pamungkas adalah ujian praktik. Banyak yang mengatakan bahwa ujian praktik adalah ujian yang paling sulit dibandingkan ujian teori. Agar dapat lulus ujian praktik, ada lima poin terkait ujian praktik yang harus dikuasai:

1. Parkir Paralel

Sahabat sebaiknya mempelajari teori untuk melakukan parkir paralel sebelum mencoba bagian ini.

2. Lurus Mundur, Lurus Maju

Nanti akan ada patok pembatas yang dipasang di sisi kanan kiri mobil selama Sahabat praktek mengemudikan lurus maju dan mundur. Tips paling penting adalah konsentrasi serta terus perhatikan spion kiri dan kanan mobil agar jangan sampai menyentuh patok.

3. Zig zag mundur dan maju

Banyak peserta yang gagal di ujian praktek zig zag mundur. Tentu Kamu harus sering berlatih terlebih dahulu sebelum mencoba ujian ini. Kuncinya adalah Anda harus tahu kapan momen yang tepat untuk membanting setir ke kiri atau ke kanan full dan kapan harus meluruskan setir perlahan.

Tips lulus tes SIM mobil adalah berlatih yang serius sebelum menjalani ujian. Sahabat tidak boleh meremehkan baik ujian teori ataupun ujian praktek.

sumber: daihatsu.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *