Cara dan Tips Perawatan Mobil yang Jarang Dipakai

3 Penyebab Penumpang Keracunan di Dalam Mobil
August 5, 2020
5 Penyakit yang Kerap Menyerang Wiper Mobil
August 7, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Di masa pandemi sekarang ini, banyak kantor yang menjalani WFH atau Work From Home, dengan demikian, tentu saja kendaraan yang biasanya digunakan untuk berangkat bekerja seperti mobil menjadi jarang digunakan. Lebih-lebih, kita juga harus membatasi untuk pergi keluar rumah. Meskipun jarang dipakai, bukan berarti mobil tidak membutuhkan perawatan.

Bahkan, mobil yang jarang digunakan justru dapat memunculkan masalah yang baru. Beberapa kerusakan yang bisa ditemukan seperti bagian kelistrikan atau malah di bagian mesin. Karena komponen kendaraan, diciptakan untuk bergerak.

Untuk membuat kondisi mobil tetap prima walaupun tidak pernah digunakan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut tips perawatan mobil jarang dipakai yang bisa Sahabat ikuti.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Mengecek Aki

Komponen utama yang tidak boleh lupa diperhatikan adalah aki. Digunakan untuk menyuplai tegangan di semua kelistrikan mobil, ketika mobil tidak digunakan, performa aki malah bisa mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena mobil yang jarang dipergunakan tetap memerlukan asupan listrik di beberapa komponen. Selain itu daya aki yang tidak diisi secara optimal karena mobil jarang dipergunakan akan membuat aki habis dan drop.

Untuk menjaga performa aki, Sahabat dapat mengecek ketinggian air aki, sehingga tegangan dapat bertahan lama. Namun bila mobil tidak dihidupkan dalam waktu lama, lebih baik melepas konektor aki sehingga daya aki tidak akan habis.

Lakukan Pengecekan Ban

Selain aki, perawatan mobil yang jarang dipakai berikutnya adalah ban. Mobil yang jarang dipergunakan atau lama tidak bergerak bisa memberi tekanan secara terus menerus di bagian ban mobil. Sehingga tekanan angin pada ban akan berkurang,

Bila tekanan angin berkurang, ban bisa kempes, ketika kondisi ini dibiarkan saja secara terus menerus, ban akan mengalami kerusakan, lebih-lebih di bagian yang tertekuk. Sehingga, agar kondisi ban mobil tetap optimal, pastikan tekanan angin selalu terjaga dengan baik.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Panaskan Mesin

Agar dapat menjaga kondisi mobil tetap optimal, mobil yang jarang digunakan harus tetap dinyalakan, setiap hari mesin mobil malah harus tetap dinyalakan, tak perlu menyalakan lama, cukup 5 menit saja. Hal tersebut dilakukan agar oli dapat bersirkulasi dan melumasi komponen yang berada di dalamnya. Saat mesin hidup, komponen di luarnya juga bisa ikut bergerak.

Cek Oli

Walaupun mesin tidak dihidupkan, namun bukan berarti kondisi oli tetap baik-baik saja. Mesin yang tak bergerak malah membuat oli tidak bisa bersirkulasi dan melumasi komponen di dalam mesin kendaraan. Untuk mengatasinya, Sahabat bisa mengecek kondisi oli dari dipstick yang sudah tersedia, bila oli mulai mengental dan warnanya sudah berubah, Kamu bisa melakukan pergantian oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Tetap Mencuci Mobil

Terakhir, jangan lupa untuk tetap membersihkan mobil. Meskipun jarang digunakan, mobil juga bisa dipenuhi dengan debu, sehingga tak ada salahnya Sahabat mencuci mobil, lebih-lebih bila mobil akan dibiarkan dalam waktu cukup lama. Bagian yang harus dibersihkan bukan hanya bagian eksterior namun juga interior, bersihkan sampah-sampah yang masih berada di dalam mobil sehingga tak akan menjadi sarang serangga.

Setelah pencucian mobil selesai dilakukan, jangan lupa menutup mobil dengan menggunakan cover, apalagi bila mobil hanya disimpan d luar rumah. Pilih cover yang tidak akan merusak cat mobil atau luntur.

Dengan berbagai macam perawatan mobil jarang dipakai di atas, diharapkan setelah WFH, mobil dapat digunakan kembali dengan performa yang tetap optimal.

sumber: daihatsu.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *