Hilangkan Udara di Sistem Rem Mobil, Yuk Kenali 4 Cara Bleeding Rem

5 Benda Penting yang Wajib Ada di Mobil
July 27, 2020
5 Rahasia Menjaga Bahan Bakar Mobil Tetap Irit
July 29, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Bleeding merupakan proses mengeluarkan gelembung udara yang terjebak dalam sistem rem.

Proses bleeding perlu dilakukan untuk menghindari masalah yang diakibatkan oleh adanya gelembung udara dalam sistem rem, misalnya pedal rem yang terasa lunak saat diinjak atau injakan pedal rem yang terlalu dalam.

James D. Halderman, dalam bukunya Automotive Chassis Systems, menjelaskan ada 4 metode yang dapat digunakan untuk melakukan bleeding pada rem.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

1. Manual bleeding (single stroke bleeding)

Metode ini merupakan metode yang paling sering digunakan dan membutuhkan 2 orang untuk mengerjakannya.

Satu orang bertugas untuk memberi aba-aba dan membuka sekrup bleeder, sedangkan satu orang yang lainnya bertugas untuk menginjak pedal rem secara perlahan sesuai aba-aba yang diberikan.

Metode ini memanfaatkan tekanan hidraulis yang dihasilkan oleh master cylinder untuk mendorong minyak rem keluar.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

2. Vacuum bleeding

Metode ini menggunakan alat penyedot (vakum) khusus yang terpasang pada sekrup bleeder untuk menarik minyak rem dan gelembung udara keluar dari sistem.

Kelebihan metode ini adalah dapat dikerjakan oleh satu orang saja dan pengerjaannya relatif mudah.

Namun, di sisi lain, metode ini hanya bisa dilakukan dengan alat vakum khusus, dan seringkali udara dapat masuk ke dalam selang penyedot lewat sambungan sekrup bleeder, yang dapat disalahartikan oleh teknisi sebagai gelembung yang keluar dari dalam sistem rem mobil.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. Gravity bleeding

Metode ini merupakan cara yang paling mudah dan efektif bagi kebanyakan jenis mobil, namun prosesnya memakan banyak waktu hingga 1 jam atau lebih.

Prinsip kerjanya hanya dengan membuka sekrup bleeder dan menunggu gravitasi mengeluarkan minyak rem dari sistem.

Gravity bleeding dapat dilakukan hanya dengan satu orang teknisi, serta dapat dilakukan pada keempat rem sekaligus secara bersamaan.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

4. Pressure bleeding (power bleeding)

Metode ini membutuhkan alat khusus yang dipasang ke master cylinder untuk mendorong minyak rem dalam tekanan keluar bersamaan dengan gelembung udara.

Ketika sistem hidraulis sudah mendapatkan tekanan yang cukup, teknisi hanya cukup membuka sekrup bleeder pada urutan tertentu dan membiarkan minyak rem mengalir keluar.

sumber: gridoto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *