Ini 3 Penyebab Kebakaran Pada Mobil, Apa Saja?

5 Tips Dapat Teman Baru Saat Solo Traveling
October 21, 2019
Hati-hati Cuci Mobil, 3 Titik Ini Rawan Semprotan Air Tekanan Tinggi
October 28, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Kebakaran mobil merupakan jenis kecelakaan yang paling ditakuti pengemudi. Sebab pemicu terbakarnya mobil sulit ditebak. Dan setiap mobil berpotensi terbakar. Nah berikut beberapa faktor yang bisa memicu kebakaran pada mobil.

1. Permasalahan pada kabel

Permasalahan pada kabel mobil dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Pertama, karet kabel terkelupas akibat umur mobil yang sudah cukup tua sehingga perkabelannya sudah mulai rapuh. Karena terkelupas, kabel bisa menimbulkan percikan api yang bisa merambat ke bagian lain.

Permasalahan kabel selanjutnya bisa terjadi dari kabel paralel aki yang tidak kencang. Hal ini dapat menyebabkan korsleting dan pasti bisa menyebabkan kebakaran.

Terakhir, pengaplikasian, penempatan, atau penggunaan kabel yang tidak sesuai. Kabel pada mobil juga memiliki daya dan tipe yang berbeda-beda, sehingga kalau tidak berhati-hati dalam menggunakannya dapat menyebabkan korslet dan lagi-lagi menimbulkan percikan api.

2. Kerusakan pada tangki oli dan bensin

Bensin, oli, solar, dan cairan lain yang biasa digunakan untuk mesin adalah jenis zat cair yang cukup mudah terbakar, apalagi kalau sampai tangki yang menampung cairan ini sampai bocor. Tetesan bensin yang bercampur dengan panas dari mesin tentu dapat memicu munculnya api dan akan menyebar.

3. Mesin overheat

Mesin bisa menjadi sangat panas bila terlalu dipaksa penggunaannya, baik itu digeber terus-terusan, atau penggunaan yang terlalu lama.

Ketika mesin mengalami panas yang berlebih, komponen piston biasanya yang paling sering cepat bermasalah dan bisa mengalami keretakan akibat dipaksa bekerja

Nah, panas berlebih ini yang juga dapat menyebabkan suhu oli meningkat drastis dan akhirnya meluap ke bagian mesin lainnya dan dapat memicu percikan api.

Intinya, rawatlah selalu mobil kamu dengan secara rutin memeriksanya ke bengkel untuk melihat komponen apa saja yang perlu diperbaiki dan diganti. Jangan menunggu sampai kecelakaan, ya!

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *