Tips Mengetahui Kondisi Accu Mobil dan Cara Perawatan Accu Mobil yang Benar
October 5, 2020
Mau Kopling Mobil Awet, Kamu Perlu Tinggalkan 5 Kebiasaan Buruk Ini
October 7, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Tidak semua orang mengerti pentingnya servis mobil secara rutin. Padahal, kalau terlalu lama lalai, performa mesin bisa turun bahkan sangat mungkin masalahnya merembet ke mana-mana.

Sayang, beberapa orang masih beranggapan servis rutin hanya pemborosan. Padahal, dibalik itu semua, ada manfaat yang amat penting menyangkut keselamatan berkendara.

Pasalnya, komponen mobil tertentu perlu perhatian lebih jeli saat dilakukan perawatan. Paling vital, salah satunya, adalah komponen penggerak dan penunjang keselamatan pengendara. Dua komponen ini mutlak harus diperiksa fungsinya agar tidak terjadi hal-hal yang bikin ngeri.

Supaya mobil kesayangan tetap sehat, sebaiknya kita mencatat jadwal untuk servis di kalender, baik untuk servis rutin ataupun servis besar. Berikut ini alasan kenapa servis mobil itu penting.

Cek harga rental mobil Balikpapan di sini

Memastikan komponen berfungsi

Sering kali kecelakaan mobil terjadi akibat keteledoran atau kelalaian pengendara itu sendiri. Misalnya, terjadinya rem blog disebabkan lupa mengganti kampas rem atau lupa memeriksa minyak rem. Amit-amit jangan sampai ini menimpa kita!

Servis berkala bisa membuat kita terhindar dari malapetaka. Komponen utama kendaraan berfungsi dengan baik dan benar karena perawatan secara berkala.

Umumnya perawatan dan pemeriksaan kendaraan dilakukan bersamaan dengan penggantian oli mesin. Jadwalnya bisa mengacu pada buku petunjuk perawatan kendaraan atau tergantung pada kondisi penggunaan kendaraan sehari-hari.

Rumus yang umum digunakan adalah setiap 5.000 kilometer sampai dengan 10.000 kilometer atau setiap 6 bulan satu kali jika kendaraan hanya sesekali saja digunakan dalam satu minggu, misalnya saat akhir pekan saja.

Ganti suku cadang penting

Setiap spare parts atau suku cadang mobil punya usia alias masa pakai. Contohnya kampas rem dan kampas kopling.

Sedangkan untuk mobil dengan transmisi otomatis, salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah v-belt. Usia komponen-komponen ini tidak bisa ditawar lagi karena menyangkut keselamatan pengemudi sekaligus penumpang.

Hal ini berbeda dengan komponen yang menyangkut kenyamanan, seperti AC mobil yang mungkin masih bisa ditunda jika harus dilakukan perawatan secara bersamaan. Tapi ya kita mau tak mau harus tahan dengan panas kalau AC tidak berfungsi.

Cek harga rental mobil Balikpapan di sini

Usia mobil lebih panjang

Kalau mengacu pada pemakaian kendaraan oleh perusahaan, mobil rata-rata usianya 4 sampai 5 tahun. Setelah itu, mobil perlu peremajaan.

Hal itu berbeda jika mobil digunakan untuk kebutuhan pribadi. Usia mobil bisa lebih lama, bahkan ada yang bisa digunakan sampai 10 tahun.

Hemat pengeluaran

Loh kok keluar biaya servis malah disebut hemat? Ya, menunda-nunda perawatan atau menunggu ganti suku cadang sampai benar-benar aus dan tidak bisa digunakan lagi justru membuat rugi.

Komponen lain yang masih befungsi dengan baik bisa kena imbasnya. Salah-salah, mesin mobil malah turun performanya.

Ujung-ujungnya biaya perawatan akan semakin membengkak. Kerusakan lebih sulit diindentifikasi, bahkan potensi biaya bertambah untuk perbaikan lebih tinggi.

Cek harga rental mobil Balikpapan di sini

Supaya mesin awet

Resep rahasia supaya mesin tetap enak digunakan adalah dengan malakukan perawatan berkala. Perawatan berkala juga akan meningkatkan nilai tawar mobil ketika mau ganti kendaraan.

Kebanyakan diler mobil bekas akan menaksir mobil yang memiliki catatan perawatan rutin dan lengkap dengan harga lebih tinggi. Apalagi perawatan ini dilakukan di bengkel resmi. Harganya bisa jauh lebih tinggi dibanding mobil bekas yang dirawat seadanya.

sumber: mobil88.astra.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *