Ini 7 Cara Mengatasi Suara Mesin Mobil Mendengung

5 Tips Perawatan mobil Matic Setelah Liburan
November 9, 2020
10 Penyebab Mobil Bunyi Kletek Kletek Saat Digas
November 13, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Suara mesin mobil mendengung memiliki banyak indikasi masalah pada mesin. AutoFamily pasti tahu bagaimana suara mobil yang normal. Namun ketika suara mesin mobil mendengung secara tiba-tiba, pasti ada masalah yang muncul.

Apa penyebabnya? Tentunya tidak bisa diketahui secara cepat. Harus ada pengecekan secara mendalam. Bahkan masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa bagian, bukan hanya mesin saja. Jadi bagaimana cara mengatasi suara mesin mendengung?

cek harga rental mobil balikpapan di sini

1. ​​​​​​​Pompa Power Steering Rusak

Seperti yang telah dituliskan di atas, masalah mesin mobil yang tiba-tiba muncul suara mendengung tidak hanya disebabkan oleh komponen di dalamnya saja.

Salah satu penyebabnya adalah pompa power steering rusak. Sistem power steering sudah banyak yang menggunakan elektrik. Namun untuk mobil keluaran lama, tetap ada yang menggunakan sistem hidrolik.

Sistem hidrolik inilah yang sering rusak karena terdapat komponen pompa di dalamnya. Kalau kondisinya sudah aus, termasuk bagian bantalannya, maka akan muncul bunyi mendengung. Biasanya suara ini terdengar cukup jelas saat setir dibelokkan.

2. Kompresor AC Rusak

Kompresor AC bisa menjadi penyebab masalah ini. Ketika gesekan di antara metal dalam kompresor AC sudah aus, akan muncul suara mendengung. Ada perubahan suara yang bisa terjadi.

Kalau Anda mengatur suhu AC menjadi paling dingin, maka suaranya akan terdengar sangat jelas. Jika diatur ke suhu sedang, bunyinya akan jarang terdengar atau mengecil. Sebaiknya segera lakukan pengecekan mendalam daripada sistem AC tersumbat hingga bisa jebol.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. Bearing Pulley Mesin Aus

Di dalam mesin ada banyak lilitan belt dengan banyak pulley. Ada pulley idler, pulley mesin, hingga pulley alternator.

Kalau salah satu pulley yang mengalami kondisi aus, sudah pasti bunyi mendengung muncul dan terdengar. Mengapa bisa begitu? Padahal hanya satu saja yang aus?

Alasan utamanya adalah setiap pulley itu terhubung. Jadi kalau ada satu yang aus, akan memberikan dampak ke yang lainnya.

Apalagi ketika mesin baru dinyalakan. Pasti langsung terdengar. Namun kalau masalah bunyi mendengung ini dari pulley, biasanya sulit mendeteksi bagian yang sudah aus.

4. Ban Tidak Rata

Ban juga bisa membuat suara mendengung. Khususnya ketika melewati jalanan yang tidak rata atau tepi jalan tol. Tentu saja hal ini tidak perlu Anda khawatirkan terlalu dalam kecuali kondisi ban memang sudah mengalami kerusakan. Mau tidak mau harus segera diganti.

Penyebab ban mobil habis sebelah bisa membuat ban aus, nah ini bisa saja menjadi masalah. Untuk itu, Anda perlu secara berkala mengeceknya.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

5. Ban Salah Arah

Ban salah arah bisa memunculkan suara mendengung yang mengganggu Anda. Termasuk sebagai faktor eksternal, ban mobil pada dasarnya dibuat dengan satu arah putaran.

Tapi ketika melakukan rotasi ban, bisa ada kesalahan arah putaran ban. Salah satu efek yang muncul adalah suara mendengung, khususnya saat melewati aspal.

Ciri-ciri ban mobil harus diganti idealnya setelah pemakaian 3 tahun dan jika Anda lihat terlalu banyak tambal dan lecet pada ban mobil. Jika mendapati hal seperti ini, ganti ban mobil Anda segera.

6. Kopel Joint Sudah Aus

Mobil penggerak roda belakang pasti memiliki komponen poros propeller dan kopel joint. Fungsi dari kopel joint adalah membuat poros propeller lebih fleksibel.

Hasilnya menjadi meneruskan putaran meski sudut di antara mesin dan gardan naik turun. Namun bagian ini terhitung cukup mudah aus. Kalau sudah aus, bisa dipastikan muncul suara mendengung dari bawah kolong mobil.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

7. Bearing Roda Aus

Bearing roda depan sering mengalami keausan karena tugasnya adalah menahan beban pengemudian mobil. Tidak perlu waktu lama, suara mendengung pasti muncul secara otomatis. Selain itu suka ada bunyi gesekan juga.

Jika masalah ini muncul, sebaiknya segera bawa mobil AutoFamily ke Auto2000. Sebagai bengkel resmi Toyota, Auto2000 siap menyelesaikan masalah mobil Toyota AutoFamily dengan optimal.

sumber: auto2000.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *