Ini Dia 5 Solusi Mobil Injeksi Tidak Bisa Hidup

8 Penyebab Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak
November 13, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Mobil Injeksi tidak bisa hidup biasanya membuat Anda menjadi kewalahan. Saat ini, bisa dikatakan semua mobil keluaran terbaru telah menggunakan teknologi injeksi untuk sistem pembakarannya.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, karburator, injeksi memiliki kemampuan meningkatkan tenaga mesin. Maka dari itu, tidak heran jika mobil injeksi sering dianggap lebih unggul.

Meski begitu, bukan berarti mesin injeksi memiliki performa yang selalu prima. Beberapa faktor tertentu dapat menyebabkan mesin injeksi tidak bisa hidup.
​​​​​​​
Apa yang harus dilakukan saat mesin injeksi tidak bisa hidup?

cek harga rental mobil balikpapan di sini

1. Idle speed control valve macet

Idle speed control valve (ISC valve) adalah sebuah katup yang mengatur keluar-masuknya udara ke mesin saat mesin dalam kondisi idle. Dalam kondisi idle, ISC valve yang bekerja normal harusnya terbuka.

Namun, jika terdapat kerusakan, katup justru menutup. Akibatnya, aliran udara ke dalam mesin pun terhambat. Padahal, udara sangat dibutuhkan dalam proses pembakaran mesin.

Untuk mengatasinya, coba lepaskan katup yang terletak di throttle body. Perhatikan jarum katup dan gerakkan maju mundur beberapa kali. Bersihkan jarum agar katup tidak macet. Biasanya cara ini akan berhasil. Namun, jika gagal, bisa jadi motor katup ISC rusak.

​​​​​​​2. Fuel injection pump mati

Pada teknologi injeksi, fuel injection pump adalah sebuah komponen vital. Fungsinya adalah menjaga agar tekanan bahan bakar tetap stabil sehingga bensin dapat keluar dari injector.

Jika fuel injection pump mati, maka tekanan bahan bakar turun dan bensin pun tidak akan keluar dari injector. Akibatnya, mesin akan kekurangan bensin sehingga sulit hidup.

Kerusakan ini dapat dikenali saat AutoFamily menghidupkan mesin. Jika terdengar dengungan, maka fuel injection pump masih aktif.

Namun, jika tidak terdengar dengungan, ada kemungkinan komponen tersebut mati. Apabila ini terjadi, maka sebaiknya segera datang ke bengkel Auto2000 terdekat untuk melakukan perbaikan. Anda bisa melakukan booking service online sekarang ini!

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. Kebocoran selang bahan bakar

Penyebab mobil injeksi tidak bisa hidup selanjutnya terletak pada selang bahan bakar. Selang bahan bakar yang mengalami kebocoran bisa menyebabkan tekanan bahan bakar menjadi rendah. Jika tekanan bahan bakar rendah, maka pembakaran pun tidak optimal dan mesin akan sulit dihidupkan.

Cara mendeteksi kerusakan ini sangat mudah. Selang yang bocor akan menghasilkan tetesan bensin yang bisa dilihat pada kolong mobil. Cari tahu mana bagian yang mengalami kebocoran. Ada baiknya Anda segera mengganti selang yang telah bocor dengan selang baru.

4. Kerusakan busi

Ya, kerusakan busi ternyata tidak hanya terjadi pada mobil dengan karburator, tapi juga pada mobil injeksi. Tanpa adanya busi, proses pembakaran mesin tidak akan optimal karena komponen ini bertugas mengubah tegangan listrik dari koil menjadi percikan api.

Sebenarnya, mobil masih bisa hidup jika hanya salah satu busi yang mati. Ini karena mobil umumnya memiliki empat buah busi. Namun, jika lebih dari itu, mesin mobil akan sulit untuk dihidupkan. Hal ini bisa dicegah dengan melakukan service secara rutin. Dengan service rutin, busi yang kotor bisa dibersihkan dan yang rusak bisa segera diganti.

Pastikan juga Anda tidak memiliki masalah dengan busi, untuk itu ada baiknya jika AutoFamily memahami apa saja yang menyebabkan busi cepat mati. Sehingga, Anda mulai memperhatikan perawatan dan bagaimana menjadi pengendara yang baik.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

5. Tegangan aki lemah

Aki yang error ternyata juga dapat menyebabkan mobil injeksi tidak bisa hidup, tepatnya jika tegangan aki drop. Tegangan aki yang lemah akan membuat RPM cranking (putaran mesin) rendah. Mesin butuh RPM cranking tinggi (sekitar 800-1000 rpm) untuk bisa hidup. Jika RPM cranking rendah, pembakaran mesin tidak akan optimal.

Lemahnya tegangan aki bisa disebabkan kurangnya penyetruman, misalnya saat mobil baru dihidupkan kembali setelah lama mati. Bisa juga karena elektrolit baterai lemah. Solusinya tidak lain adalah dengan melakukan setrum aki.

Dari sini, Anda pun tahu bahwa ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan mobil injeksi tidak bisa hidup. Dengan begitu, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan.

sumber: auto2000.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *