Inilah sederet objek wisata di Kaltim, Lokasi Ibu Kota Baru

7 Tips Traveling Anti Ribet yang Bikin Liburan Nyaman
August 16, 2019
Daftar Destinasi Wisata di Balikpapan yang bisa anda kunjungi selama liburan
August 27, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Provinsi Kalimantan Timur akhirnya resmi ditetapkan sebagai lokasi ibu kota baru Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

“Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi membeberkan alasan mengapa Provinsi Kalimantan Timur dipilih oleh pemerintah sebagai lokasi ibu kota baru Indonesia pengganti DKI Jakarta.

“Kenapa di Kalimantan Timur?

Pertama, risiko bencana minimal.

Baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan dan tanah longsor,” ujar Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Kedua, lokasi tersebut dinilai strategis.

Jika ditarik kordinat, lokasinya berada di tengah-tengah wilayah Indonesia.

Ketiga, lokasi itu berada dekat perkotaan yang sudah terlebih dahulu berkembang, yakni Kota Balikpapan dan Kota Samarinda.

“Keempat, telah memiliki infrastruktur yang relatif lengkap,” ujar Jokowi.

Terakhir, hanya di lokasi tersebutlah terdapat lahan pemerintah, yakni seluas 180.000 hektare.

Selain keunggulan-keunggulan tadi, Kaltim juga memiliki sejumlah objek wisata yang tak kalah dengan daerah-daerah lainnya.

Berikut sejumlah objek wisata menarik di Kaltim yang sudah dirangkum TribunKaltim.co dari https://kaltimprov.go.id dan sumber lainnya :

1. Pantai Sekerat

Terletak di Kecamatan Bengalon dan pantai ini dapat ditempuh dengan menggunakan jalur darat dari Sengatta. Pantai sekerat ini terkenal dengan keindahan pantai, kejernihan airnya, serta pasirnya yang berwarna putih. Pantai ini juga memiliki keindahan alam bawah laut seperti taman laut dan keanekaragaman terumbu karang dan ikan hias yang beranekaragam.

Daya tarik tempat ini adalah adanya pohon nyiur yang tumbuh di pinggir pantai sehingga menambah kesejukan dan keindahan pantai. Sehingga para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dari pinggir pantai serta dapat meilhat pemandangan bukit bebatuan yang terdapat disebelah barat dan timur pantai sekerat.

Pantai ini ombaknya relative kecil sehingga aman untuk tempat bermain dan rekreasi serta pengunjung dapat melakukan kegiatan seperti ; memancing, berperahu dan berenang. Tempat ini biasanya ramai pengunjung pada saat hari libur. Fasilitas yang bias digunakan oleh pengunjung adalah warung makan, toilet, tempat peristirahatan, homestay, dan lain-lain.

Untuk menuju kawasan ini, jika perjalanan dimulai dari kita Balikpapan, maka kita perlu menggunakan jasa travel mobil Balikpapan – Sangata. Setelah sampai di kota Sangata (Kitai Timur), perjalanan dilanjutkan ke Kecamatan Baengalon. Tiba di kecamatan Bengalon, perjalanan dilanjutkan ke desa Sekerat menggunakan jalur darat melintasi pemukiman penduduk menuju pantai Sekerat.

2. Air Terjun Kedang Ipil

Desa Budaya Kutai Adat Lawas di sematkan kepada desa Kedang Ipil ini memang tidak salah. Salah satu alasannya adalah desa ini merupakan salah satu desa tertua dan masih memegang teguh adat dan tradisi leluhur.

Lokasinya Masuk di wilayah Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, namun lokasinya tidak di sisi sungai mahakam, melainkan masih di sekitar jalan poros Tenggarong menuju Kota Bangun & Simpang menuju Melak (Kabupaten Kutai Barat), tepatnya masuk di simpang Merai, dan masih sekitar 18 km menuju Desa Kedang Ipil, melalui hutan dan areal perusahaan Kelapa Sawit.

Di tempat ini, juga ada objek wisata air terjun yang menjadi tempat wisata favorit bareng keluarga selama libur lebaran, khususnya warga di Hulu Mahakam.

Pasca lebaran, jumlah pengunjung membludak, bahkan meningkat hampir 200 persen dibandingkan hari biasa.

Air Terjun Kedang Ipil menjadi obyek wisata unggulan di wilayah Hulu Mahakam. Jika tahun sebelumnya pengunjung didominasi warga Hulu Mahakam, seperti Muara Muntai, Muara Wis, Kota Bangun dan Resak (Kubar) sampai Tenggarong.

Lokasi air terjun berjarak sekitar 20 km dari Kampung Kedang Ipil. Warga setempat menyiapkan ojek jika pengunjung tak mau jalan kaki.

3. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu, Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau.

Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan tersebut, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.

Secara geografis, terletak di semenanjung utara perairan laut Kabupaten Berau yang terdiri dari beberapa pulau yaitu Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Nabuko, Pulau Maratua dan Pulau Derawan serta beberapa gosong karang seperti gosong Muaras, gosong Pinaka, gosong Buliulin, gosong Masimbung, dan gosong Tababinga.

Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung (dugong), ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.

Kepulauan Derawan ini sedang dipromosikan oleh Kabupaten Berau dan Provinsi Kalimantan Timur, sebagai salah satu wisata andalan. Wisatawan lokal dan Mancanegara, makin berwisata disana, pilihan selain untuk menyelam, melihat proses bertelur penyu, juga menikmati pantai yang bersih dan indah. Sepanjang pantai bersih dan tidak ada sampah.

Fasilitas komunikasi di Kepulauan Derawan sudah baik, sebagai contohnya adalah sudah terjangkau dengan sinyal 3G.

Resort dan Penginapan yang ada di Kepulauan Derawan banyak tersebar di pinggir pantai, dengan harga yang lebih murah misalnya dibandingkan dengan tempat wisata di Bali maupun di Lombok.

Kepulauan Derawan telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005.

Tak kalah dengan Raja Ampat

Potensi wisata, khusus wisata alam yang ada di Provinsi Kaltim sebenarnya tak kalah menarik dengan yang dimiliki daerah lain yang ada di Indonesia.

Namun karena sejumlah keterbatasan, ‘gaung’ potensi-potensi wisata ini kurang terdengar di Indonesia.

Dari sisi potensi, Pulau Derawan masih tak kalah dengan wisata serupa dengan yang ada di daerah lain, termasuk dengan Raja Ampat di Papua Barat.

4.  Pulau Kumala

Pulau Kumala adalah tempat wisata di Sungai Mahakam yang memanjang hingga ke sebelah barat Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Lokasi Pulau Kumala terletak di tengah Sungai Mahakam yang menjadi taman rekreasi favorit wisatawan.

Saat ini, Pulau Kumala menyediakan fasilitas umum berupa sky tower setinggi 100 meter untuk menikmati keindahan kota dari ketinggian.

Tak hanya itu, masih ada kereta api mini, area permainan anak-anak, dan kereta gantung yang menghubungkan dengan daratan.

itulah sebagian wisata yang bisa anda kunjungi ketika anda sedang berlibur di wilayah kalimantan timur.

Jika anda membutuhkan Jasa Rental Mobil di Balikpapan untuk kebutuhan dinas, liburan atau berwisata di Kalimantan Timur, Hubungi kami Rajatransit, Kami menyediakan jasa rental mobil wilayah Balikpapan dengan driver profesional dan kami juga menyediakan paket tour wisata Kalimantan timur. call 081286268289

sumber: tribunkaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *