Jangan Panik, Lakukan 6 Hal Ini Jika Mobil Terendam Banjir

5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan sebelum Liburan ke Luar Kota
January 4, 2020
5 Ide Anti Mainstream Saat Travelling ke Tempat Baru, Kamu Berani?
January 11, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Dahsyatnya bencana banjir yang melanda ibukota terlihat salah satunya dari banyaknya mobil yang terendam, bahkan hingga terseret arus banjir. Penanganan yang tepat atas mobil yang terendam banjir ini sangat diperlukan, agar tak terjadi kerusakan yang lebih parah akibat masuknya air ke bagian penting pada mobil.

Jika kebetulan mobilmu berada di dalam situasi yang sama, lakukan 6 hal di bawah ini untuk meminimalisir kerusakan pada mobil.

1. Jangan langsung menyalakan mesin mobil

Walau banjir sudah surut dan mengering, baiknya jangan langsung nyalakan mobilmu. Apalagi jika ketinggian banjir yang merendamnya mencapai hingga atas roda. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah pada mesin, yang kemungkinan telah terpapar oleh air.

2. Cabut kabel aki

Jangan lupa untuk mencabut kabel aki jika mobilmu terendam banjir, untuk menghindari terjadinya korsleting. Korsleting bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran pada mobil.

3. Segera ganti oli mesin

Pastikan kamu mengecek kondisi oli mesin, apakah bercampur dengan air atau tidak. Gunakan dipstick untuk melihat apakah ada sisa-sisa butiran air di oli mesin tersebut. Jika ada, langsung ganti oli mesin serta filternya, agar nanti oli tak bercampur dengan air saat dinyalakan.

4. Keringkan interior mobil

Bukalah kaca dan pintu mobilmu yang terendam banjir. Kemudian, kamu bisa mulai membersihkan dan mengeringkan interior mobil yang basah, misalnya seperti karpet, alas duduk jok, dan lainnya. Jika dibiarkan dalam keadaan yang lembap dalam waktu yang lebih lama, jamur bisa mulai tumbuh pada interior tersebut

5. Cek kondisi filter udara

Jika filter udara pada mobil dalam keadaan basah, sudah pasti ada air yang masuk ke dalam mesin. Karena proses pembersihan air dari mesin sangat berisiko, baiknya kamu hubungi langsung mekanik mobil untuk memperbaikinya.

6. Kuras tangki bensin

Gunakan pompa siphon untuk mengeluarkan bensin dari mobil, lalu lihat apakah terkandung air di dalamnya. Jika bensin mengandung air, maka kamu harus menguras tangki bensin agar tak ada lagi air yang tersisa di sana. Bensin yang tercampur dengan air akan mempengaruhi proses pembakaran dan membuat performa mobil jadi terganggu.

Jangan langsung panik saat banjir merendam mobilmu. Lakukan 6 hal di atas, agar kerusakan pada mobil yang terendam banjir tak semakin parah. Jika mobilmu kebetulan diasuransikan, jangan lupa untuk langsung menghubungi pihak asuransi, agar kerugian bisa ditanggung sepenuhnya.

 

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *