Jangan Terlena di Jalan Tol, Ini 4 Tip Menghindari Tabrakan Beruntun

Rem Mendadak Blong? Ini 3 Langkah Cepat Mengatasinya
September 5, 2019
5 Strategi Agar Liburan Terwujud Saat Keuangan Sedang Tak Baik
September 10, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Kecelakaan beruntun terjadi di ruas jalan Tol Cipularang KM 91 pada Senin (2/9). Insiden yang melibatkan 20 kendaraan ini menyebabkan 8 korban meninggal dunia dan beberapa lainnya luka-luka.

Kendaraan yang terlibat kendaraan juga mengalami kerusakan parah, mulai dari terbalik, terseret hingga keluar jalur tol, hingga terbakar habis. Benar-benar mengerikan.

Untuk menghindari tabrakan beruntun seperti ini, ada beberapa tip yang bisa kamu lakukan.

1. Pacu kendaraan sesuai kecepatan yang dianjurkan

Kecepatan berlebih menjadi salah satu penyebab utama dalam setiap kecelakaan yang terjadi, untuk itu sudah sebaiknya kamu memacu kendaraan dengan kecepatan yang dianjurkan sesuai peraturan.

Jangan memacu kendaraan dengan kecepatan berlebih karena jalan raya bukanlah sirkuit untuk balapan, jadi pasti lebih ramai dan kondisi jalannya sendiri tidak diketahui apakah aman atau tidak.

2. Beri jarak aman antar kendaraan

Pada akhirnya bisa saja tetap terlibat dalam kecelakaan beruntun Ini perlu dilakukan agar bisa mengambil ancang-ancang dan menghindari kendaraan yang ada di depan saat mereka melakukan pengereman mendadak.

3. Fokus berkendara

Dalam berkendara, pandangan harus selalu fokus ke jalan dan jangan terlalu sering melirik ke hal-hal yang tak perlu dipandang. Sesekali boleh, misalkan seperti untuk mengganti stasiun radio atau mengecilkan suhu AC, tapi harus segera mengembalikan pandangan ke depan.

Hampir sama dengan sebelumnya, dengan berfokus dapat mengantisipasi untuk berpindah jalur atau mengerem dari jarak jauh sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan beruntun

4. Periksa juga kondisi kendaraan

Selain memperhatikan ketiga hal tadi, perhatikan juga kondisi kendaraan yang kamu gunakan.

Perhatikan kondisi sedetail mungkin dan utamakan faktor-faktor terpenting dari kendaraan, mulai dari ban, mesin, rem, kopling, oli (mesin dan rem), dan beberapa komponen lainnya yang sekiranya penting.

Lebih baik lelah di awal untuk mencegah daripada harus mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *