Kamu Wajib Tahu, Inilah Penyebab Utama Mobil Boros Bahan Bakar

5 Langkah Mudah Membersihkan Mesin Mobil agar Lebih Terawat
August 22, 2020
Supaya Awet, Ini Tips Merawat Mobil dengan Pintu Geser
August 25, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Siapapun pemilik mobil pasti ingin mobilnya irit bahan bakar kan? Jarang orang yang bangga kalau mobilnya itu malah boros bahan bakar. Kecuali mereka yang memiliki mobil berperforma tinggi, sudah pasti mobil seperti itu tidak bisa diukur seirit mobil standar pada umumnya.

Apalagi dengan pabrikan mobil itu sendiri, pasti promo dari mereka adalah mobil yang memiliki konsumsi bahan bakar yang irit untuk bisa menggaet konsumen.

Tapi sebenarnya kenapa mobil itu ada yang boros, tapi ada juga yang irit? Pernahkah kamu mendengar cerita dari pemilik mobil dengan tipe yang sama, tapi ada yang bilang mobil irit dan ada yang bilang mobilnya boros, padahal itu mobil jenisnya sama.

Nah, sebenarnya kondisi berbeda pada jenis mobil yang sama itu banyak faktornya. Jika memang awalnya mobil kamu dirasa cukup irit, tapi kok kemudian berubah jadi boros, kamu bisa melihat beberapa faktor yang menyebabkan mobil kamu menjadi boros bahan bakar berikut ini.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Filter Udara Kotor

Perawatan bagi mesin itu sangat penting dalam menentukan mobil kamu irit atau tidak. Terutama di bagian filter udara yang harus rutin dibersihkan bahkan diganti jika sudah terlalu kotor. Filter udara yang kotor akan menghambat aliran udara yang masuk ke ruang bakar, hal ini dapat menurunkan performa mobil terutama di bagian pacu dan menimbulkan gejala ngelitik (knocking).

Kerak di Ruang Mesin

Hal ini bisa timbul karena mobilmu tidak diisi dengan bahan bakar sesuai spesifikasi seperti disebutkan di atas. Bisa juga karena kamu jarang mengganti oli secara rutin, sehingga banyak kerak atau kotoran dari sisa-sisa pembakaran yang tidak dibersihkan oleh pelumas. Munculnya kerak ini dapat membuat volum ruang bahan bakar menjadi lebih kecil sehingga tenaga mesin yang dihasilkan akan semakin berkurang.

Injektor Kotor

Lubang nozzle injektor bahan bakar yang ada di mobil-mobil modern saat ini dibuat sangat kecil sehingga mudah tersumbat. Sehingga pembakaran dari bensin menjadi tidak sempurna dan dapat mengurangi efisiensi bensin mobil. Sumbatan di injektor ini juga bisa disebabkan karena kotornya tangki bahan bakar, atau juga dapat terjadi ketika kamu biasa mengisi BBM ketika kondisi kosong, sehingga kotoran di dasar tangki BBM ini ikut naik ke ruang mesin.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Isi Bahan Bakar Sesuai Rekomendasi

Pabrikan mobil selalu akan menganjurkan standar BBM yang dibutuhkan oleh mobil sesuai dengan spesifikasi mesin mobil itu sendiri. Jika kamu sebagai pemilik mematuhinya, maka mobil diharapkan dapat bertahan lama dengan performa yang terus terjaga seperti saat masih baru. Tapi jika kamu tidak mengisi BBM yang sesuai spesifikasi mesin, maka tentunya akan berpengaruh pada durabilitas mesin.

Ini mengapa yang tadinya mobil kamu masih irit, tiba-tiba menjadi boros. Karena dengan kamu mengganti jenis BBM dengan yang lebih murah atau RON lebih rendah, maka mesin mobil tidak akan bekerja dengan baik. Tak perlu juga sebenarnya mengisi BBM dengan oktan yang paling tinggi, karena belum tentu ideal bagi mesin, hanya jadi suatu pemborosan karena harganya yang lebih mahal. Padahal, tenaga yang dihasilkan tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

Oh iya, kalau kamu mengisi BBM mobil kamu di SPBU harap lebih berhati-hati ya. Usahakan patuhi semua aturan di SPBU agar tidak terjadi mobil kamu terbakar saat mengisi BBM di SPBU. Bahkan ketika kamu sudah mematuhi aturan pun, tetap saja ada kejadian yang menyebabkan mobil terbakar saat sedang mengisi bahan bakar.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Kebiasaan berkendara

Ini merupakan faktor yang juga menentukan sebuah mobil boros atau irit BBM. Kalau kamu sering mengemudikan mobil dengan agresif, maka jangan harap mobil kamu bisa seirit mobil lain yang sejenis. Ada teknik berkendara hemat bahan bakar yang harus kamu pelajari. Tapi paling utama hindari mengendarai mobil dengan agresif.

Jangan sering menekan pedal gas secara dalam, cukup diurut saja secara perlahan. Usahakan juga pindah gigi di bawah 2.000 rpm dan saat melaju di jalan tol kecepatan maksimal kamu tidak lebih dari 100 km/jam.

sumber: mobil88.astra.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *