Mendengarkan Musik Saat Nyetir Tetap Aman, Begini Caranya

Begini Cara Mudah Merawat Kaca Film Mobil
July 1, 2020
Cara Merawat Mobil Kesayangan di Musim Hujan
July 2, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Mendengarkan musik menjadi aktivitas yang sering dilakukan oleh para pengemudi kendaraan roda empat.

Selain untuk mengusir rasa penat atau pun ngantuk selama perjalanan juga untuk menghilangkan rasa sepi di dalam kabin.

Meski aktivitas ini dirasa sudah menjadi hal yang lumrah, tetapi pengemudi harus tetap waspada saat mendengarkan musik.

Jangan sampai alunan musik yang ada di dalam kabin justru akan mengganggu konsentrasi pengemudi sehingga justru akan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia ( SDCI) Sony Susmana mengatakan, mendengarkan musik saat mengendarai mobil sebenarnya tidak masalah dan itu sah-sah saja.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus tetap diperhatikan oleh seorang pengemudi agar musik yang disetel tidak mengganggu konsentrasinya.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

“Pada prinsipnya nyetir kan harus ada hal-hal yang menunjang kenyamanan dan paling tidak membuat suasananya tidak boring, salah satunya dengan mendengarkan musik,”

Sony menambahkan, agar tetap aman saat mengemudi sambil mendengarkan musik maka volume musik sebaiknya tidak terlalu keras.

“Volumenya tidak terlalu keras, karena volume yang keras membuat komunikasi atau suara yang ada di luar kabin menjadi tidak terdengar,” katanya.

Kemudian, masih kata Sony, musik yang disetel sebaiknya tidak membuat mood atau emosi pengemudi menjadi berubah.

Hal ini untuk mencegah terjadinya perubahan cara mengemudi seseorang lantaran terpengaruh dari alunan musik yang didengarkannya.

“Tidak mengubah mood atau emosi pengemudi, misalnya musik berkarakter keras (rock) yang bisa membuat gaya mengemudi agresif atau lagu melow yang bisa membuat mata jadi ngantuk,” tuturnya.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Selama mendengarkan musik, Sony mengatakan, sebaiknya pengemudi tidak ikut bernyanyi. Hal ini karena saat pengemudi ikut bernyanyi otomatis konsentrasinya juga akan terpecah.

“Tidak ikut menyanyi, karena fokus jadi terbagi hal ini membuat respons pengemudi lambat,” katanya.

Selain itu, yang perlu diperhatikan lagi selama mendengarkan musik adalah alunan musik tidak membuat suasana di dalam kabin menjadi gaduh layaknya konser.

“Jadi mendengarkan musik tidak boleh sambil dihayati,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *