Setir Mobil Berat? Ini 5 Penyebabnya
October 2, 2020
Tips Mengetahui Kondisi Accu Mobil dan Cara Perawatan Accu Mobil yang Benar
October 5, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Goresan yang terjadi di cat bodi mobil memang mengganggu keindahan eksterior kendaraan kesayangan. Ditambah lagi jika mobil masih dalam kondisi baru. Sebagai pemilik mobil tentu saja Anda ingin segera mengatasi goresan tersebut agar mobil kembali mulus seperti sedia kala.

Jika goresan pada bodi mobil masih tipis dan tidak banyak, Anda dapat melakukan sendiri proses menyamarkan goresan. Caranya dengan mengikuti langkah-langkah sederhana yang kami berikan di bawah ini.

Cek harga rental mobil Balikpapan di sini

1. Cuci bodi mobil, terutama bagian terdapat goresan. Tujuannya untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada cat bodi mobil.

2. Keringkan bagian bodi mobil yang telah dicuci menggunakan lap berbahan chamois sampai tidak tersisa butiran air pada bodi mobil.

3. Oleskan bahan penghilang goresan pada cat (kompon) secukupnya di bagian bodi mobil yang tergores lalu ratakan dengan jari sesuai dengan bidang yang tergores.

4. Gosok perlahan dan sedikit ditekan dengan kain lap halus yang kering untuk meratakan kembali permukaan yang tergores dengan cat di sekitarnya.

Cek harga rental mobil Balikpapan di sini

5. Ulang kembali dari poin nomor 3 sampai dengan 5 jika belum mendapatkan hasil yang maksimal, yakni bekas goresan menipis dan terlihat rata dengan cat di sekitarnya.

6. Jika goresan sudah tidak terlihat, kemudian gosok tempat bekas goresan tadi dengan cairan pengkilap cat. Lakukan dengan perlahan menggunakan kain lap halus dan bersih. Seharusnya pada langkah ini, cat mobil Anda sudah mulus kembali.

Tips di atas hanya dapat Anda terapkan jika goresan masih tipis dan tidak terlihat plat bodi mobilnya (tidak dalam). Kalau goresan yang terjadi sudah dalam dan disertai penyok maka bodi mobil harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum dicat ulang.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah bahan penghilang goresan (kompon). Pilih kompon yang tidak melunturkan cat mobil dan tidak meninggalkan warna pada kain penggosok. Jika ditemukan warna cat yang menempel pada kain penggosok, hal tersebut menandakan kompon tersebut mempunyai kekuatan untuk mengangkat cat bodi mobil. Sebaiknya tidak menggunakan kompon seperti itu karena jika digunakan dalam jangka waktu lama akan memudarkan warna cat mobil.

sumber: mobil88.astra.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *