Menyusuri Hutan Mangrove Center Graha Indah di Balikpapan, Serunya Melihat Aksi Lincah Para Bekantan.

4 Fungsi Spoiler Mobil
August 3, 2020
6 Masalah pada Saat Menyalakan Mesin Mobil dan Sumber Penyebabnya
August 3, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Pulau terbesar kedua di Indonesia, Kalimantan menyimpan segudang kekayaan alam. Seperti halnya Kota Balikpapan. Ya, Balikpapan merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Kalimantan Timur.

Balikpapan sendiri memang tidak terkanal akan wisatanya, melainkan terkanal akan minyaknya. Tak heran jika kota ini kerap disebut sebagai kota minyak.

Eits jangan salah, kendati terkenal akan minyaknya Balikpapan mempunyai destinasi wisata yang siap menjejali daftar wisata para pelancong. Meski dikelilingi pantai, namun Balikpapan tak hanya memiliki wisata pantai saja.

Ya, Balikpapan ternyata juga memiliki hutan mangrove. Satu di antaranya Mangrove Center Graha Indah. Tempat ini berlokasi di RT 14, Kelurahan Graha Indah, Kecamatan Balikpapan Utara.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Untuk menuju tempat ini, dari pertigaan Jl Soekarno Hatta Km 6, kita belok ke arah Kariangau.

Kemudian ikuti jalan sampai terlihat gapura bertuliskan Graha Indah. Memasuki gapura bertuliskan Graha Indah, kita memang akan disambut dan menyusuri komplek perumahan.

Kawasan ini memang berada di komplek perumahan. Namun jangan khawatir, kita akan dipandu dengan papan petunjuk arah berwarna hijau lengkap dengan tulisan berwarna putih yang tentunya akan mengantarkan kita ke pintu masuk konservasi tersebut.

Dari jantung kota, Mangrove Center Graha Indah ini dapat ditempuh dalam waktu sekira 45 menit.

Memasuki lokasi tersebut, tanaman mangrove yang tertanam berjajar rapi seolah menyambut kedatangan kita.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Suasana asri nan sejuk cocok untuk bermeditasi atau menghindari dari ramainya hiruk- pikuk kendaraan. Wajar saja jika tempat ini kerap ramai dikunjungi oleh para wisatawan pada akhir pekan.

Perlu diketahui, hutan mangrove sendiri adalah ekosistem hutan daerah pantai yang terdiri dari kelompok pepohonan yang bisa hidup dalam lingkungan berkadar garam tinggi.

Kata mangrove sendiri berasal dari kata mangue yang berasal dari bahasa Portugis yang memiliki arti tumbuhan.

Serta kata grove yang merupakan dari bahasa Inggris, yang berarti belukar. Ciri dari tanaman mangrove, salah satunya adalah ditandai dengan akar yang menyembul ke permukaan.

Demi memenuhi hasrat kita akan keingintahuan hutan mangrove, di tempat ini kita bisa menyewa perahu untuk berkeliling menyusuri sungai Somber yang dipenuhi rimbunnya pohon mangrove di sisi kanan dan kiri.

Harga sewa perahunya sendiri dihargai dengan sekira Rp 300 ribu rupiah, dan dapat ditumpangi oleh 10 orang.Tentu harga yang sangat ekonomis bukan.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Menggunakan perahu tersebut kita akan diajak berkeliling sungai yang memiliki panjang sekira 5 kilometer, dan ditempuh dengan kurun waktu 1 jam lamanya.

Tentu sebelum menyusuri sungai, demi menghindari hal yang tidak diinginkan, alat keselamatan seperti pelampung juga turut menjadi hal yang sangat diperhatikan di tempat ini.

Bayangan pepohonan memantul di permukaan air, sesekali tampak bergoyang seturut dengan gelombang ombak yang dihasilkan dari perahu yang kita tumpangi.

Aktivitas para nelayan menjaring serta memancing ikan dari perahu dan sampan kecil turut melengkapi penyusuran kita.

Jika kita sedang beruntung kawanan bekantan atau kera berhidung panjang yang sedang mencari makan di pohon bakau juga dapat kita jumpai.

Selebihnya kita juga turut disajikan dengan loncatan lincah sang Bekantan berpindah dari pohon satu ke pohon yang lain.

Sungguh pemandangan yang tak biasa tersaji di tempat-tempat wisata lainnya, serta alternatif pengisi liburan akhir pekan.

sumber: kaltim.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *