Musim Hujan Sudah Tiba, Perhatikan Hal Ini Saat Berkendara Mobil!

Lima Tanda Ban Mobil Harus Diganti
November 28, 2019
Mengenal Jenis Lampu Rem Mobil, Serta Cara Menggantinya
December 14, 2019

Rajatransit, Rental mobil Balikpapan – Sepanjang musim hujan yang sudah mulai kita rasakan di bulan November ini, pengendara akan lebih sering menemui jalanan yang basah, tergenang, berkabut, atau bahkan banjir. Kondisi ini wajib diwaspadai, karena air adalah salah satu penyebab timbulnya berbagai masalah serius bagi kendaraan bermotor seperti mobil.

Karena itu, ada baiknya kita untuk segera mempersiapkan dan memperhatikan hal yang dibutuhkan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk mengurangi resiko terburuk pada kendaraan Anda saat musim hujan tiba.

  1. Rencanakan rute sebelum melakukan perjalanan

Perencanaan rute adalah hal pertama yang harus dipersiapkan. Apalagi, jika Anda berencana menuju daerah yang jarang atau bahkan belum pernah dikunjungi. Ingat, kemungkinan jalan yang akan Anda lalui tengah mengalami banjir atau terdapat banyak genangan pada musim hujan cukup besar.

Untuk mengatasinya, gunakan aplikasi google maps, dan selalu pantau perkembangan lalu lintas di sosial media, atau televisi.

  1. Teknik berkendara yang baik

Teknik berkendara yang baik menjadi faktor selanjutnya yang harus diupayakan untuk mengurangi resiko terburuk pada kendaraan saat musim hujan tiba. Ketika melewati jalan menanjak contohnya, disarankan untuk memakai gigi rendah demi mempermudah mesin mengerem sebelum mencapai tikungan. Teknik ini juga berlaku saat kita akan melewati turunan curam dan licin.

  1. Injak-lepas rem secara perlahan

Ketika kita harus melewati genangan air, fungsi rem sangat diperlukan untuk meringankan kinerja mesin. Setelah keluar dari genangan air, injak-lepas rem secara perlahan untuk mengeringkan mesin. Kita juga bisa berhenti sejenak untuk memastikan kendaraan bebas dari sampah-sampah yang terjebak dalam grille atau sirip radiator di bagian belakang.

  1. Melakukan standar check-up

Hal terakhir namun tak kalah penting adalah melakukan standar check-up pada kendaraan, seperti mengecek wipers, tekanan ban, oli, mesin, baterai, dan lampu. Tidak hanya itu, pengisian bahan bakar dalam kondisi penuh juga sangat diperlukan, terlebih kalau Anda ingin bepergian jauh.

 

sumber: suzuki.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *