Perhatikan 5 Komponen Krusial pada Mobil Saat Musim Hujan

Formula Simpel Bikin Mitsubishi Pajero Sport Jadi Tambah Gahar
July 7, 2020
Ini Spesifikasi Lengkap Bus Physical Distancing Asal Jawa Tengah
July 7, 2020

Rajatransit, Rental mobil Balikpapan – Hujan mulai membasahi sebagian wilayah Balikpapan dan sekitarnya. Untuk tetap bisa berkendara dengan aman dan nyaman, ada beberapa komponen pada mobil yang butuh perhatian ekstra.

Sebab, jika lalai atau diabaikan, komponen yang tidak bekerja sebagaimana mestinya tidak hanya dapat mencelakakan diri sendiri, tapi juga pengguna jalan lainnya.

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, mengatakan, setidaknya ada lima bagian yang harus baik kondisinya.

“Pertama dan yang terpenting adalah karet wiper. pastikan kemampuannya meyapu air dari kaca sangat baik, dan sebaiknya diganti segera mungkin ketika sudah tidak sempurna lagi. Lebih dari itu, bila kondisi karet sudah tidak baik, bisa merusak kaca karena gesekan,” ujar Nurrahman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Kedua, Nurrahman menambahkan, perhatikan kaca yang berjamur. Kaca perlu dirawat dan dibersihkan segera, supaya pandangan jelas ketika berkendara di saat hujan. Visibilitas yang baik tentunya dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara.

“Ketiga, komponen rem juga bisa menjadi perhatian, karena bila tak bagus performanya, terkadang suka terjadi gejala nyelonong yang tentu akan membahayakan. Jadi, butuh pembersihan dan perawatan,” kata Nurrahman.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Keempat, pastikan kondisi lampu-lampu pada mobil bekerja dengan normal. Jika terjadi hujan deras saat di jalan, pengendara lain dapat mengetahui keberadaan mobil kita.

“Kelima, yang tak kalah pentingnya adalah kembangan ban. Apabila sudah botak sebaiknya dilakukan penggantian,” ujar Nurrahman.

sumber: otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *