Perhatikan Ini Saat Melakukan Engine Braking pada Transmisi Otomatis

Mobil Transmisi Otomatis Parkir Paralel? Jangan Lupa Lakukan Ini
July 17, 2020
7 Tips Liburan Saat New Normal Agar Selalu Sehat dan Aman
July 20, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Engine braking merupakan proses pengurangan laju kendaraan dengan memanfaatkan tenaga dari mesin.

Engine braking sangat bermanfaat ketika kita ingin mengontrol kecepatan kita, misalnya di medan turunan, sehingga lebih aman sekaligus mengurangi juga pemakaian komponen rem.

Engine braking pada mobil dengan transmisi manual dapat dilakukan dengan melepas gas dan menurunkan gigi, namun pada mobil dengan transmisi otomatis hal tersebut agak berbeda.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Pada transmisi otomatis, ketika kita melepaskan pedal gas, transmisi justru akan menaikan gigi sehingga mobil tetap melaju pada putaran mesin yang tetap.

Hal ini berkebalikan dengan transmisi manual yang akan langsung menurunkan putaran mesin.

Maka dari itu, untuk mengurangi kecepatan pada mobil dengan transmisi otomatis, yang harus dilakukan adalah menginjak pedal rem dan dibantu dengan menurunkan posisi gigi transmisi untuk mendapatkan engine brake.

Namun, hal yang paling penting dan mesti diingat adalah lakukan pemindahan gigi secara bertahap.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Pasalnya, jika proses pemindahan gigi dilakukan tidak bertahap (misalnya langsung 2 posisi lebih rendah) atau di kecepatan masih tinggi, maka bisa mempercepat kerusakan pada transmisi otomatis terutama di bagian kopling.

Kopling rentan mengalami kerusakan karena pada saat engine braking pompa oli transmisi tidak bekerja maksimal atau tidak bertekanan tinggi.

Di saat yang bersamaan, kopling bekerja untuk memindahkan gigi ke posisi terendah secara mendadak tanpa suplai oli transmisi yang cukup.

Lama-kelamaan, hal tersebut dapat menyebabkan kopling sering selip dan aus.

sumber: gridoto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *