Tips Mengetahui Kondisi Accu Mobil dan Cara Perawatan Accu Mobil yang Benar

Menghilangkan Goresan Tipis Pada Bodi Mobil
October 5, 2020
Ini 5 Alasan Kenapa Mobil Perlu Servis Rutin
October 5, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Aki merupakan salah satu elemen paling penting pada mobil. Jika aki mulai soak atau tekor, maka akan mengganggu kinerja mobil karena aki berfungsi sebagai penyuplai daya listrik untuk berbagai komponen kendaraan lainnya. Lantas, apa saja ciri-ciri aki yang sudah soak dan bagaimana cara merawatnya?

Mesin susah hidup

Aki mobil yang ngadat membuat bunyi ‘cetak-cetek’ saat kunci mobil diputar ke posisi start, bahkan pada kondisi terburuk tidak terdapat bunyi sama sekali saat kunci kontak mobil diputar. Pada kondisi aki normal, listrik dari aki akan mengalir ke dinamo starter mobil untuk membantu menyalakan mesin.

Lampu Indikator Aki Mobil Menyala

Saat memutar kunci kontak dalam kondisi normal, maka lampu-lampu indikator akan menyala. Sebaliknya, jika kondisi aki lemah, lampu indikator jadi redup atau bahkan mati. Ketika lampu indikator aki mobil menyala namun mobil masih bisa dihidupkan, segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan terkait komponen tersebut.

Cek harga rental mobil Balikpapan di sini

Suara Klakson Melemah

Salah satu cara mudah untuk mengetahui kondisi aki adalah dengan menekan klakson. Tekan dan tahan klakson, lalu putar kunci kontak ke posisi starter. Jika aki lemah, akan mengakibatkan suara klakson melemah bahkan tidak bersuara sama sekali.

Nyala Lampu Meredup

Hampir serupa dengan suara klakson, jika Sahabat menemukan lampu utama mobil melemah bisa jadi aki mobil sudah melemah. Lampu mobil menggunakan aki sebagai sumber tenaga utama jadi jika lampu atau sistem kelistrikan lainnya melemah sudah bisa dipastikan aki bermasalah atau aki mobil soak.

Cara Merawat Aki Mobil

Jika mengalami kejadian tersebut, dapat dipastikan bahwa salah satu penyebab terbesar mobil karena baterai atau akinya sudah lemah. Agar mobil hidup, dapat dilakukan dengan cara memancing (jumper) aki yang lemah tadi untuk kondisi darurat. Lantas, bagaimana cara merawat aki mobil agar tidak mudah soak dan selalu terjaga performanya? Yuk simak di bawah ini:

Cek harga rental mobil Balikpapan di sini

Panaskan Mobil Setiap Hari

Memanaskan mobil setiap hari 5-10 menit adalah salah satu cara terbaik untuk merawat kesehatan aki. Mobil yang tidak pernah dipanasi akan memberi dampak pada kondisi aki yang dapat menjadi cepat tekor dan soak.

Perhatikan Beban Penggunaan

Aki Salah satu cara merawat aki mobil adalah dengan memperhatikan beban penggunaan aki secara berkala dan rutin. Penambahan beban listrik seperti penggantian lampu utama, penggantian audio mobil hingga penambahan komponen lain yang membutuhkan daya yang besar sangat wajib diperhatikan alurnya.

Bersihkan Aki Secara Berkala

Membersihkan aki mobil secara berkala akan membuat aki tidak lebih terawat. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian lebih adalah bagian terminal aki karena biasanya tertutup oleh debu dan kotoran yang bisa menghambat hantaran listrik.

Cek harga rental mobil Balikpapan di sini

Pastikan Ada Listrik di Dalam Aki

Menjaga suplai listrik di dalam aki adalah salah satu cara terbaik dalam merawat aki mobil. Saat mobil dirasa mulai sulit dinyalakan, ada kemungkinan jika cadangan listrik di dalam aki mulai menipis. Segera isi ulang cadangan listrik mobil Anda.

Lepas Kabel Aki Jika Mobil Tidak Dipakai Lama

Jika mobil akan tidak digunakan dalam jangka waktu lama, ada baiknya melepaskan kabel aki dari terminal penghubungnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari aliran listrik yang terus-menerus sehingga aki tidak cepat soak. Namun ada tips dan trik sendiri ya Sahabat bagaiaman cara melepas kabel aki mobil.

sumber: garasi.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *