Tips Mudah Ganti Ban Mobil untuk Perempuan

Inilah Cara Menggunakan Klakson Mobil yang Benar
June 27, 2020
Mau ke Kantor Imigrasi Saat Era New Normal? Perhatikan 5 Hal Berikut
July 1, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Mengalami ban bocor saat melakukan perjalanan memang bisa menimpa siapa saja, baik itu laki-laki maupun perempuan.

Tetapi, bagi para pria tentunya mengganti ban mobil sendiri bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Berbeda halnya bagi para wanita, tentunya menjadi hal baru melakukan penggantian ban sendiri.

Tak sedikit yang justru langsung panik saat mengalami kejadian ban kempis lantaran tidak bisa melakukan penggantian.

Bagi para perempuan yang belum terbiasa melakukan penggantian ban mobil, berikut tips saat mengalami ban kempis dan perlu dilakukan penggantian.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

1. Pilih tempat aman

Langkah pertama, yang perlu dilakukan saat mengalami ban kempis adalah mencari tempat yang aman. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan saat ditinggal mengganti ban.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, selain tempat yang aman termasuk juga pilih tempat yang datar dan keras agar mudah saat melakukan penggantian ban.

“Cari tempat yang aman, datar dan keras seperti jalan yang beraspal atau yang lainnya,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

2. Aktifkan parking brake

Untuk mencegah mobil tidak bergerak saat ban diganti, pastikan parking brake atau rem tangan diaktifkan. Pasalnya, jika lupa mengaktifkan rem tangan akibatnya bisa fatal.

Seperti mobil bisa saja bergerak sendiri tanpa disadari oleh pengemudi, sehingga bisa saja menyebabkan kecelakaan.

“Selain mengaktifkan rem tangan bisa juga dengan mengganjal ban saat akan mengganti ban,” kata Didi.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. Kunci pintu mobil

Didi menambahkan, sebelum melakukan penggantian karet roda sebaiknya dipastikan dulu keamanan mobilnya. Salah satunya dengan mengunci seluruh pintu mobil.

Hal ini untuk memastikan agar tidak ada kejahatan yang terjadi selama pengemudi sibuk mengganti ban. Tidak bisa dipungkiri kejadian kejahatan bisa saja terjadi saat pemilik tengah mengganti ban.

“Kunci semua pintu saat melakukan penggantian ban, karena dikhawatirkan ada orang yang mengambil barang-barang di dalam mobil,” ucap Didi.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

4. Hindari menggunakan sepatu hak tinggi

Sudah hal lumrah, seorang perempuan menggunakan beragam aksesori saat mengendarai mobil. Salah satunya adalah dengan menggunakan sepatu dengan hak tinggi.

Saat akan melakukan penggantian ban, Didi menyarankan agar pengemudi tidak menggunakan sepatu hak tinggi.

Hal ini karena akan mengurangi kenyamanan saat melakukan penggantian roda bisa lebih nyaman.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

5. Kendurkan mur roda

Setelah semua persiapan penggantian ban sudah dilakukan, bisa dimulai dengan mengendurkan mur roda. Ini dilakukan sebelum dongkrak dipasang atau diaktifkan untuk mengangkat bagian mobil.

Langkah ini untuk memudahkan saat mencopot ban nantinya. Jika mur belum dikendurkan tetapi mobil sudah didongkrak bisa menyulitkan saat mengendurkannya.

“Yang perlu diperhatikan, sebelum (mobil) didongkrak pastikan mur sudah dikendurkan terlebih dahulu (tetapi jangan dilepas),” katanya.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

6. Dongkrak mobil

Setelah semua mur pada pelek mobil kendur barulah bisa dilakukan pendongkrakan mobil. Untuk cara mendongkrak, Didi mengatakan, bisa dilihat pada buku pendomannya.

Yang pasti saat melakukan pendongkrakan pilihlah bagian yang sekiranya kuat untuk menopang dongkraknya. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti bagian yang didongkrak tidak kuat sehingga bisa patah atau terlepas dan membuat mobil terjadi meski sudah didongkrak.

“Memang yang berat saat membuka mur roda ataupun mengangkat bannya, atau minta pertolongan org lain. Untuk mendongkrak bisa melihat tipe melalui buku panduannya,” kata Didi.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

7. Lepas ban dan ganti ban

Setelah mur kendur dan terlepas bisa dilanjutkan dengan mengganti ban yang kempis menggunakan ban cadangan yang tersedia.

Usai ban terpasang, dongkrak bisa perlahan diturunkan dan dilanjutkan dengan mengencangkan mur roda sesuai dengan tingkat kekencangannya.

sumber: otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *