Tips Naik Bus Malam agar Tak Terserang Flu atau Masuk Angin

Traveling Hemat dengan Tips Dapat Tiket Pesawat Murah
October 2, 2019
5 Tips Memilih Hotel Nyaman dan Murah untuk Libur Akhir Tahun
October 10, 2019

Rajatransit, Rental Mobil balikpapan Melakukan perjalanan dengan bus malam merupakan pilihan yang cukup favorit. Dengan naik bus malam, perjalanan bisa dilakukan sambil tidur. Waktu siang pun tidak terbuang karena perjalanan. Namun, perjalanan malam juga rentan membuat tubuh tidak fit seperti terserang masuk angin atau flu. Terlebih jika perjalanan cukup panjang sehingga memakan waktu semalaman. Itu karena fisik yang lelah karena perjalanan dan istirahat tidak maksimal.

Agar tidak gampang terserang masuk angin atau flu saat naik bus malam, simak tips berikut ini:

1. Bawa jaket tebal

Jika perjalanan menggunakan bus malam yang ber-AC, maka jaket tebal wajib dibawa. Tidak jarang suhu AC pada bus malam akan sangat dingin. Bahkan, ada pula yang AC-nya bocor dan tidak dapat dikecilkan. Hal itu rentan membuat tubuh kedinginan.

Jika semalaman terus menerus diterpa dinginnya AC bus malam, kamu akan rentan membuat fisik drop. Hasilnya, tubuh bisa jadi terkena masuk angin. Oleh karena itu, penting untuk membawa jaket tebal agar bisa melindungi tubuh dari dinginnya AC bus. Jika suhu ternyata tidak terlalu dingin, jaket bisa dimasukkan tas.

2. Bawa obat flu atau masuk angin

Agar tidak flu atau masuk angin, hal itu bisa dilakukan dengan membawa obat. Jika tubuh sudah merasakan gejala flu dan masuk angin, tidak ada salahnya meminum obat untuk mengatasinya. Selain bermanfaat untuk mengatasi gejala, obat flu atau masuk angin juga menyebabkan kantuk.
Tentu hal itu sangat membantu proses tidur nyenyak di dalam bus malam sehingga istirahat semakin maksimal.

3. Bawa vitamin dan suplemen

Flu atau masuk angin bisa disebabkan karena tubuh yang sedang lemah. Hal itu bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin atau suplemen. Tubuh lemah tentu menyebabkan rawan tersedang penyakit. Oleh karena itu, bawa pula vitamin atau suplemen sebagai bekal perjalanan. Pilih suplemen yang mengandung banyak vitamin C karena mampu memperkuat tubuh terhadap flu atau masuk angin.

4. Bawa masker

Masker tidak hanya dibutuhkan saat mengendarai sepeda motor saja. Saat naik bus malam, masker ternyata juga cukup penting. Salah satu fungsinya bisa mencegah tubuh tertular penyakit seperti flu atau masuk angin. Memang tidak ada yang bisa memperkirakan kondisi penumpang bus. Bisa jadi ada penumpang yang kondisi kesehatannya sedang tidak baik seperti terkena flu atau masuk angin.

Dengan menggunakan masker, hal itu akan mengurangi risiko tertular penumpang lain yang sedang flu atau masuk angin.

5. Jaga kesehatan sebelum berangkat

Salah satu cara terbaik agar tidak terkena flu atau masuk angin adalah menjaga kesehatan sebelum berangkat. Caranya bisa dengan makan makanan bergizi dan berolah raga secara teratur.

Selain itu, menjaga kesehatan juga bisa dilakukan dengan tidur teratur. Lebih baik jika perjalanan dilakukan dengan kondisi cukup tidur. Jika melakukan perjalanan naik bus dalam kondisi kurang istirahat atau tidak cukup tidur, hal itu membuat fisik semakin lemah sehingga rentan terserang penyakit.

sumber: kompas travel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *