Waspada Ruang Mesin Mobil Jadi Sarang Tikus karena WFH

Mengintip Lung Anai, Desa Wisata di Calon Ibu Kota Indonesia
July 9, 2020
Corona Menyebar Lewat Udara, Begini Cara Jaga Kebersihan AC Mobil Kamu
July 11, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Pandemi Covid-19 memaksa sebagian orang untuk bekerja dari rumah alias Work From Home ( WFH). Sehingga, mobil menjadi jarang digunakan dan lebih banyak terparkir.

Kondisi tersebut perlu diwaspadai menjadi timbulnya permasalahan baru, salah satunya adalah ruang mesin mobil yang menjadi sarang tikus. Hewan pengerat tersebut bisa bersarang di mana saja, khususnya tempat yang gelap dan kotor.

Kriteria tersebut bisa saja ruang mesin mobil, karena gelap, tertutup, dan jarang orang yang membersihkan bagian tersebut.

Jika pemilik kendaraan tidak menyadari hak tersebut, bisa saja tikus yang bersarang akan menggigit dan memutus kabel kelistrikan mobil. Tentu akan sangat merepotkan jika mobil sudah menganut sistem injeksi, di mana memiliki kelistrikan yang lebih rumit.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, kejadian ini juga sering menimpa para konsumennya. Tidak sedikit pemilik mobil mengeluh kabel mobilnya putus karena digigit tikus.

“Ada yang mengalami kerusakan itu karena kabel digigit tikus, biasanya tikus kan meninggalkan jejak seperti kotoran maupun jejak kakinya. Itu yang mungkin mengundang tikus yang lain untuk datang,” ujar Didi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Didi menambahkan, bersarangnya tikus di ruang mobil biasanya dikarenakan mobil terparkir cukup lama atau jarang digunakan. Selain itu, bisa juga karena lokasi parkirnya di luar rumah, dekat dengan selokan atau tempat sampah.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Keberadaan tikus di dalam ruang mesin memang sulit terdeteksi. Hal itu baru diketahui ketika mobil tiba-tiba mengalami kerusakan dan setelah dilakukan pengecekan ternyata ada sejumlah kabel yang terputus.

“ Tikus itu kan hewan pengerat, ya mungkin untuk menghindari giginya tumbuh terus dia menggigit apa saja yang ada di ruang mesin. Bisa plastik bisa juga kabel-kabel,” ucap Didi.

Didi menambahkan, jika kabel-kabel sudah putus, bisa dirangkai atau diperbaiki sendiri jika pemiliknya memahami jalur kelistrikan pada mobil. Tapi, sebaiknya tetap dibawa ke bengkel agar dikerjakan oleh teknisi yang berpengalaman dan dilakukan pengecekan lebih jauh.

sumber: otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *