Wisata Belanja Pernak-Pernik khas Kalimantan Timur di Kebun Sayur

7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan
June 19, 2019
Penangkaran Buaya di Balikpapan, Destinasi Wisata Edukasi Sekaligus Adu Nyali
June 22, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Anda menyukai pernak-pernik cantik yang terbuat dari batu mulia? atau anda termasuk penggemar pernak-pernik khas suatu daerah? maka anda tidak boleh melwatakan tampat yang satu ini, Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan. lalu apa aja sih yang ada di Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan? simak di sini, ya:

1. Berbagai jenis batu akik tersedia

Lokasi Pasar Inpres Kebun Sayur ada di Jalan Letjen Soeprapto, Balikpapan. Ratusan pedagang membuka lapak di sini. Mereka menawarkan berbagai jenis batu akik untuk perhiasan seperti: leontin, cincin, anting. Di sini juga ada banyak macam kalung batu aneka warna yang menggoda.

Macam-macam akik ini dijual dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Menurut salah seorang pedagang, meskipun peminat akik dan harganya tak se-bombastis beberapa tahun lalu saat batu akik sedang naik daun di Indonesia, namun tetap ada saja orang yang mencari dan membeli batu akik. Mereka yang datang memang kolektor dan penggemar batu akik.

2. Nggak cuma akik, penggemar berlian juga bisa shopping di pasar ini.

Kalau kamu suka perhiasan dari berlian, kamu juga bisa temukan di sini. Berlian ini antara lain berasal dari Afrika dan Sri Lanka. Nah, harganya? Beli perhiasan di Pasar Inpres Kebun Sayur, harga masih bisa ditawar. Bagaimanapun, harga berlian tetap ditentukan berdasarkan kualitas dan karat dari berlian tersebut.

3. Temukan pernak-pernik khas Dayak di sini

Aneka pernak-pernik khas Dayak juga tersedia di Pasar Inpres Kebun Sayur. Perhiasan seperti kalung dan gelang bermotif Dayak, baju, dan tas bisa kamu borong untuk oleh-oleh di pasar ini.

Selain itu ada pula dijual mandau yang merupakan senjata khas Dayak, juga tikar khas Kalimantan, serta banyak barang unik dan menarik yang ditawarkan di pasar ini.

4. Ada juga kaos Balikpapan dan kain songket

Para pedagang di Pasar Inpres Kebun Sayur juga menawarkan kaos-kaos bertuliskan atau bergambar Balikpapan atau Kalimantan. Cocok nih untuk oleh-oleh. Selain itu juga ada aneka macam kain yang bisa kamu jadikan sarung atau busana. Motifnya bermacam-macam, termasuk motif khas Dayak.

5. Tips belanja di Pasar Inpres Kebun Sayur

Tips untuk kamu yang mau beli kalung manik-manik, tanyakan terlebih dahulu jenis batunya dan pastikan membeli kalung yang tidak luntur warnanya, karena ada beberapa jenis batu yang diberi warna tambahan agar lebih menarik namun ternyata kualitasnya kurang baik. Biasanya jika diminta, pedagang akan memberi tahu dan memilihkan perhiasan dengan kualitas yang lebih baik.

Harga di sini bisa ditawar, jadi silahkan bernegosiasi dengan pedagang untuk dapat barang yang kamu inginkan dengan harga terbaik.

6. Dulunya Kebun Kangkung dan perumahan

Meskipun namanya Kebun Sayur, pasar ini tidak menjual sayuran, lho. Tempat ini dulunya adalah kebun kangkung dan kawasan perumahan etnis Tionghoa. Pada tahun 1981 terbit Instruksi Presiden (Inpres) Suharto untuk membuat pasar.

Pasar Inpres Kebun Sayur ini dibangun untuk menampung pedagang dari Pasar Pandansari dan juga pedagang Pasar Blauran Kebun Sayur yang terbakar. Pasar ini diresmikan pada tahun 1983 oleh Walikota Balikpapan Syarifuddin Yoes. Pasar Inpres Kebun Sayur sendiri juga pernah terbakar pada Januari 2015 lalu.

Sekarang Pasar Inpres Kebun Sayur adalah  salah satu destinasi wisata belanja di Balikpapan yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Jika anda membutuhkan Jasa Rental Mobil di Balikpapan untuk kebutuhan wisata atau dinas pekerjaan, Hubungi kami RajaTransitKami menyediakan jasa rental mobil wilayah Balikpapan dengan driver profesional dan kami juga menyediakan paket tour wisata Kalimantan timur. call 082150344446

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *