Empat Hal Penting Ini Harus Diketahui Pengemudi Wanita
July 23, 2019
Berwisata sambil belajar sejarah di Musium Mulawarman Tenggarong
July 24, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Bagi para pecinta wisata, ada baiknya mengetahui informasi wisata sebagai refrensi yang cocok bagi keluarga anda di waktu liburan. Nah, salah satunya dapat anda kunjungi obyek wisata yang ada di Kota Raja Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) adalah Pulau Kumala.

Sejak Maret 2016 lalu jembatan Repo-repo menjadi alat trasportasi bagi penjalan kaki untuk sampai ke obyek wisata Pulau Kumala. Tempat rekreasi ini menjadi favorit bagi masyrakat Kutai Kartanegara, bahkan pengunjung luar kota saat menjelang weekend.

Di dalamnya obyek tersebut terdapat penyewaan sepeda, mobil, motor dan lainya yang menjadi daya tarik wisatawan mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Kalimantan memang terkenal akan kekayaan sungainya yang berjumlah puluhan bahkan ratusan. Terdapat banyak sungai. Selain sebagai alat transportasi sungai di Kalimantan ternyata juga menyimpan berbagai keindahan alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Sungai Mahakam di Tenggarong, Kaltim.

Kutai Kertanegara dengan ibu kota Tenggarong memiliki sebuah sugai besar dengan tata ruang terbuka hijau yang indah, terdapat di taman rekreasi terletak di tengah-tengah sungai Sungai Mahakam. Taman rekreasi itu adalah Objek Wisata Pulau Kumala.

Jika Anda berkunjung ke Pulau Kumala, Anda akan disajikan berbagai wahana permainan layaknya Ancol di Jakarta. Selain itu keindahan alam Pulau Kumala sangat menakjubkan dengan sungai dan Kota Tenggarong.

Pulau Kumala sering juga disebut Pantai Kumala. Pulau Kumala adalah sebuah delta sungai yang sering terendam jika air Sungai Mahakam meluap. Pada tahun 2002, Pulau Kumala resmi dilaunching penggunaannya sebagai objek wisata karena keindahan alamnya dan letaknya yang berada di tengah sungai Mahakam sehingga terlihat seperti sebuah kapal di tengah sungai. Luas Pulau Kumala sendiri kurang lebih 81 Hektar.

Tidak jauh dari Pulau Kumala, terdapat Museum Mulawarman yaitu sebuah bukti sejarah Kerajaan Kutai yang terkenal, Museum Mulawarman menyimpan berbagai koleksi benda-benda peninggalan Kesultanan Kutai Kartanegara.

Di Pulau Kumala telah disediakan berbagai fasilitas yang memudahkan Anda saat berkunjung ke Pulau ini diantaranya, lahan parkir yang luas, terdapat Restoran dan warung makan serta pedagang asongan (sentra makanan khas daerah setempat). Ada juga Musholla, Isi ulang pulsa, Peralatan memancing, Outlet cindera mata, Cottage, Hotel Wisma hingga Bumi perkemahan.

Tarif Masuk ke Wisata Pulau Kumala, untuk tiketnya sendiri bagi orang dewasa di kenakan biaya yaitu Rp. 7000 dan anak-anak di kenakan hanya Rp. 5000 pada tahun 2016.

Anda membutuhkan Jasa Rental Mobil di Balikpapan untuk kebutuhan wisata, liburan atau dinas pekerjaan? Hubungi kami RajaTransitKami menyediakan jasa rental mobilwilayah Balikpapan, dengan driver profesional dan kami juga menyediakan paket tour wisata seputar wilayah kalimantan, seperti samarinda, tenggarong, sangatta, kutai dll. call 082150344446

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *